No image available for this title

Skripsi Kedokteran

KARAKTERISTIK PENDERITA MALARIA YANG DIRAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DAERAH MADANI PALU TAHUN 2011-2012



Latar belakang : malaria merupakan penyakit yang menjadi suatu wabah umum di indonesia khususnya diwilayah tropis. penyebarannya terjadi melalui perantaraan nyamuk anopheles yang disebabkan karena infeksi plasmodium. penelitian ini bertujuan untuk melihat karakteristik penderita malaria di RSD Madani kota palu. karakteristik ini dilihat dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, gejala klinis, jenis pemeriksaan penunjang, jenis plasmodium dan terapi.
Metode : penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data rekam medik para penderita malaria tahun 2011 - 2012 di RSD madani kota palu dengan deain penelitian deskriptif observasional.
Hasil : penelitian ini berupa karakteristik dari penderita malaria dikota palu khususnya Rumah Sakir Daerah Madani. hasil ini dikarakteristikkan berdasarkan usia, jenis kelamin, pekrjaan, gejala klinis, jenis plasmodium dan terapi. berdasarkan usia, pendrita malaria terbanyak pada rentan usia 15-44tahun sebesar 48,4 %, sedangkan yang terendah berada pada rentan usia dibawah 1 tahun sebesar 2,2%. berdasarkan jenis kelamin penderita malaria terbanyak merupakan perempuan sebesar 53,8%, sedangkan terendah merupakan laki-laki sebesar 46,2%. berdasarkan pekerjaan penderita terbanyak adalah " tidak bekrja " sebesar 34,4 % sedangkan yang terendah adalah " Wiraswasta " dan " TNI/POLRI" sebesar 6,5 % sedangkan gejala klinis yang paling jarang ditemukan adalah nyeri dada dan nyeri otot sebesar 1,1%. berdasarkan jenis plasmodium, plasmodium terbanyak yang menginfeksi penderita malaria adalah plasmodium falciparum sebesar 84,9% sedangkan yang terendah adalah plasmodium vivax sebesar 15,1 %. berdasarkan terapi, pemakaian obat untuk terapi gejala klinis penderita malaria yang terbanyak adalah parasetamol sebesar 87,1%, sedangkan pemakaian obat yang paling sedikit adalah omeprazol dan ketorolac sebesar 1,1%
Kata Kunci : Malaria, karakteristik, rawat inap, RSD Madani Palu.


Ketersediaan

SKD1300088616.93 HAW kMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.93 HAW k
Penerbit : Sebastopol, CA.,
Deskripsi Fisik
xiv,68hlm;29cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.93
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xiv,68hlm;29cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this