No image available for this title

Skripsi Kedokteran

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TERHADAP PERILAKU KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS MABELOPURA PALU



ABSTRAK

Latar Belakang: Angka Kematian Ibu merupakan salah satu indikator dalam menentukan derajat kesehatan masyarakat. Upaya menurunkan AKI salah satunya yaitu akses terhadap pelayanan antenatal care yang mutunya masih perlu ditingkatkan terus. Antenatal care adalah kegiatan yang diberikan untuk ibu sebelum melahirkan atau dalam masa kehamilan. Antenatal care yang baik dan tersedianya fasilitis rujukan bagi kasus risiko tinggi dapat menurunkan AKI. Pengetahuan adalah hasil penginderaan manusia atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indera yang dimilikinya (mata, hidung, telinga, dan sebagainya). Sikap adalah respon tertutup seseorang terhadap stimulus atau objek tertentu yang sudah melibatkan faktor pendapat dan emosi yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil terhadap perilaku kunjungan antenatal care di Puskesmas Mabelopura Palu.

Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian survei bersifat deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cara accidental sampling.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian pengetahuan ibu di Puskesmas Mabelopura Palu adalah baik sebanyak 27 orang (45%) dan cukup 33 orang (55%). Sikap positif responden mengenai antenatal care sebanyak 20 orang (33.3%) dan terdapat 40 orang (66,7%) yang memiliki sikap negatif. Perilaku kunjungan antenatal care yang baik (≥4 kali kunjungan) sebanyak 37 orang (61,7%) dan yang tidak baik (


Ketersediaan

SKD1400012618.2 TOD hMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.2 TOD h
Penerbit : Sebastopol, CA.,
Deskripsi Fisik
1v,54hlm; 29cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
1v,54hlm; 29cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this