No image available for this title

Skripsi Kedokteran

hubungan antara umur, paritas, dan pendamping dengan tingkat kecemasan ibu hamil menjelang persalinan di klinik KIA (kesehatan ibu dan anak) puskesmas mabelopura kecamatan palu selatan sulawesi tengah



Latar belakang: setiap tahun terdapat dua ratus juta perempuan menjalani kehamilan di seluruh dunia dengan berbagai faktor risiko. faktor risiko dalam masa kehamilan ibu (obstetric maternal) akan menyebabkan komplikasi sebesar 40%; dan 15% akan mengancam kesehatan jiwanya salah satunya adalah kecemasan. faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan ibu hamil menjelang persalinan diantaranya adalah usia, paritas, pendamping, dan pengetahuan tentang persalinan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis "hubungan antara usia, paritas, dan pendamping dengan tingkat kecemasan ibu hamil menjelang persalinan di klinik KIA (kesehatan ibu dan anak) di puskesmas mabelopura kecamatan palu selatan sulawesi tengah.
Metode: desain penelitian ini menggunakan cross sectional dengan jumlah subjek yang diteliti sebanyak 59 orang dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling.
Hasil: hasil penelitian menunjukkan satu variabel mempunyai hubungan bermakna pada tingkat kepercayaan 95% yaitu variabel pendamping ibu hamil dengan nilai p=0,000 dan dua variabel tidak mempunyai hubungan bermakna yaitu umur ibu hamil dengan nilai p=0,378 dan paritas ibu hamil dengan nilai p=0,115.
Kesimpulan: terdapat satu variabel yang mempunyai hubungan bermakna yaitu pendamping ibu hamil dan dua variabel tidak mempunyai hubungan bermakna yaitu umur ibu hamil dan paritas ibu hamil.
Kata kunci: Kecemasan, kehamilan, persalinan, usia, paritas, pendamping.


Ketersediaan

SKD1400024My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.2 MUS h
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xvi,58hlm, 29cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xvi,58hlm, 29cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this