No image available for this title

Skripsi Kedokteran

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BUAH PARE (Momordica charantia)TERHADAPPERTUMBUHANStaphylococcus aureus PADA MEDIA PEMBENIHAN DIFUSI



ABSTRAK
Latar belakang : Penyakit infeksi merupakan masalah kesehatan yang perlu mendapat perhatian, karena tingginya insidensi penyakit infeksi terutama di negara-negara berkembang. Infeksi adalah suatu keadaan invasi dan pembiakan mikroorganisme pada jaringan tubuh. Salah satu bakteri yang menimbulkan infeksi yaitu Staphylococcus aureus. Salah satu tumbuhan yang bisa digunakan sebagai antibiotik yaitu buah pare (Momordica charantia). Buah pare yang memiliki beberapa kandungan seperti alkaloid dan flavanoid yang dapat digunakan sebagai penghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efek antibakteri ekstrak etanol buah pare (Momordica charantia) terhadap pertumbuhan Staphylococcus aureus dan juga untuk mengetahui berapa dosis ekstrak etanol buah pare efektif sebagai penghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus.
Bahan & Metode : Buah pare (Momordica charantia), etanol 96%, evaporator berputar, aquadest, Saboround Dextrose Agar, ose steril, dan inkubator. Ekstrak buah pare (Momordica charantia) yang dibuat dengan menggunakan metode maserasi dengan etanol 96%. Pengujian dilakukan pada daya hambat dengan metode difusi agar menggunakan 4 variasi konsentrasi 100%, 75%, 50%, 25%, pada media NA (Nutrient Agar) dan diinkubasi selama 24-48 serta aquades sebagai kontrol negatif dan cifrofloxacin sebagai kontrol positif.
Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa buah pare (Momordica charantia) memiliki daya hambat terhadap pertumbuhan Staphylococcus aureus dengan berbagai konsentrasi yaitu 25%, 50%, 75%, dan 100%. Hasil statistik one way ANOVA menunjukkan pengaruh yang berbeda pada berbagai konsentrasi terdapat perbedaan yang signifikan pada perubahan konsentrasi ekstrak buah pare (Momordica charantia) terhadap Staphylococcus aureus (p


Ketersediaan

G 501 10 060615.32 RAC eMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
615.32 RAC e
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
VII , 45 HLM ; 29 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
615.32
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
VII , 45 HLM ; 29 CM
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this