No image available for this title

Skripsi Kedokteran

PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI DAN NON RESITASI TERHADAP NILAI Pre Practical Session Test (PPST) DI DEPARTEMEN ANATOMI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS TADULAKO TAHUN 2014



ABSTRACT

Introduction: The recitation method is a method of learning by lecturers give assignments to the students so that the students do the learning activities based on the task and the task will eventually be accounted for. Selection of appropriate learning methods must also be done in the Department of Anatomy,Faculty of Medicine and Health Sciencesin order to achieve maximum results. one of the learning methods that can motivate student learning is the learning method recitation. On the basis ofthis studyit is necessary to be done in order to choose the method most depatto achieve maximum learning outcomes. Methods: This study used aquasi-experimental method using experimental designnon-equivalent (post-test) quantitatively control group design to compare teaching methods and non recitation recitationof the value ofthe SessionPractica lPre Test(PPST) in the Department of Anatomy,Faculty of Medicine and Health Sciences Tadulako University.
Results: In this study, the value of the probability(0.520>0.05). This shows that thefirsthypothesisis rejected, meaning that there is no difference in the increase in value PPST students with srecitation method. It also shows that the value PPST group recitation and non resitation not have the average difference is significant at 2.51351. so i tcan be concluded that the method does not affect the value of learning recitation PPST students. This is because learning outcomes are influenced by the interaction of internal factors and external factor swhile the method of learning is included in one of theexternal factors. Conclusion: Based on these results, it can be concluded that the recitation of learning methods can not increase the value of PPST students PSPD FKIK 2012
UNTAD force sthat are onthe block11(Digestion andabsorbsion)

Keywords: recitation methods, PPST value, learning, factors affecting learning outcomes



ABSTRAK
Pendahuluan: Metode pembelaran resitasi adalah metode pembelajaran dengan cara dosen memberikan tugas kepada mahasiswa agar mahasiswa melakukan kegiatan belajar berdasarkan tugas tersebut dan tugas tersebut akhirnya akan dipertanggungjawabkan. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat juga harus dilakukan di Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan agar dicapai hasil yang lebih maksimal.salah satu metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa adalah metode pembelajaran resitasi. Atas dasar tersebut maka penelitian ini sangat perlu untuk dilakukan agar dapat dipilih metode yang paling depat demi tercapainya hasil pembelajaran yang lebih maksimal.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment menggunakan disain eksperimen non equivalent (post test) control group disain secara kuantitatif untuk membandingkan metode pembelajaran resitasi dan non resitasi terhadap nilai Pre Practical Session Test (PPST) di Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako.
Hasil: Pada penelitian ini, diperoleh nilai probabilitas (0,520>0,05). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis 1 ditolak, artinya tidak ada perbedaan peningkatan nilai PPST mahasiswa dengan metode pembelajaran resitasi. Hal tersebut juga menunjukan bahwa nilai PPST kelompok resitasi dan nonresitasi tidak memiliki perbedaan rata-rata yang bermakna yaitu 2,51351 sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran resitasi tidak mempengaruhi nilai PPST mahasiswa. Hal ini disebabkan karena hasil belajar dipengaruhi oleh interaksi faktor internal dan faktor eksternal sedangakan metode belajar termasuk dalam salah satu dari faktor eksternal.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disipulkan bahwa metode pembelajaran resitasi tidak dapat meningkatkan nilai PPST mahasiswa PSPD FKIK UNTAD angkatan 2012 yang berada pada blok 11 (digestion and absorbsion)

Kata kunci: metode pembelajaran reistasi, nilai PPST, proses belajar, belajar, faktor yang mempengaruhi hasil belajar


Ketersediaan

N 501 10 027371.394 4 ARS pMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.394 4 ARS p
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xii , 34 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.394 4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xii , 34 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this