No image available for this title

Skripsi Kedokteran

HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA ANGKATAN 2010 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS TADULAKO



ABSTRAK
Latar Belakang. Salah satu indikasi terjadinya peningkatan kualitas pendidikan mahasiswa dapat dilihat dari adanya peningkatan prestasi akademiknya melalui nilai indeks prestasi kumulatif (IPK). Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Dalam penelitian ini hanya ditekankan pada faktor gaya belajar. Gaya belajar merupakan cara termudah yang dimiliki individu dalam menyerap, atau mengatur, dan mengolah informasi yang diterima. Gaya belajar yang sesuai adalah kunci keberhasilan seseorang dalam belajar.
Tujuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa angkatan 2010 Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Tadulako Palu (PSPD UNTAD).
Metode. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Jumlah sampel 63 mahasiswa kedokteran angkatan 2010 yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner penelitian gaya belajar dan dihubungkan dengan IPK mahasiswa angkatan 2010 yang diperoleh dari data sekunder yang diterbitkan oleh Bagian Assesment PSPD UNTAD.
Hasil. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki prestasi belajar sangat memuaskan yaitu berjumlah 36 mahasiswa (57,1%) dan mayoritas mahasiswa memiliki gaya belajar visual yaitu berjumlah 36 mahasiswa (57,1%). Pada uji Koefisien Kontingensi dan Lambda diperoleh nilai p 0,022. Artinya ada hubungan antara gaya belajar dengan IPK mahasiswa angkatan 2010 PSPD UNTAD.
Kesimpulan. Ada hubungan antara gaya belajar dengan IPK mahasiswa angkatan 2010 PSPD UNTAD.

Kata kunci: gaya belajar, indeks prestasi kumulatif, prestasi belajar










ABSTRACT
Background: An improvement quality of students education can be seen from the academic achievement improvement by grade point average (GPA). Many factors that affect students learning outcomes. This study just focused on learning styles factor. Learning styles is the easiest way for individual to receive, or organize, and to process an information. An Appropriate learning styles is a key to success in learning.
Objective: This study was conducted to determine the correlation between learning styles with grade point average (GPA) of 2010 Medical Education Program Tadulako University Palu (PSPD UNTAD) students.
Method: This study used a cross-sectional study design. Sampling was done by total sampling technique. The Number of samples is 63 medical students of 2010 was pass the inclusion and exclusion criteria. The research instrument used a questionnaire study of learning styles and associated with the 2010 students, GPA is a secondary data that published by the Assessment of PSPD UNTAD.
Result: The results of this study indicate that the majority of respondents had a very satisfying learning achievement there are 36 students (57.1%) and the majority of students have a visual learning style there are 36 students (57.1%). At Contingency coefficient and Lambda test, p value 0.022 is obtained. That means there are correlation between learning styles with GPA of 2010 PSPD UNTAD students. Conclusion: There is correlation between learning styles with GPA of 2010 PSPD UNTAD students.
Keywords: learning style, grade point average, learning achievement


Ketersediaan

SKD2015024371.394 CAE hMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.394 CAE h
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xv , 60 cm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.394
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xv , 60 cm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this