No image available for this title

Skripsi Kesmas

HUBUNGAN STATUS GIZI, PEMBERIAN KOLOSTRUM DAN LAMA PEMBERIAN ASI DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI PUSKESMAS BIROMARU KABUPATEN SIGI















ABSTRAK

MELLYSA MANGKONA. Hubungan Status Gizi, Pemberian Kolostrum, dan Lama Pemberian ASI dengan Kejadian ISPA pada Balita di Puskesmas Biromaru Kabupaten Sigi (di bimbing oleh Nurdin Rahman dan Hasanah).

Peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Universitas Tadulako Palu
Skripsi, November 2014

Penyakit ISPA merupakan pembunuh utama bayi dan balita di Indonesia. Sebagian besar kematian tersebut diakibatkan oleh ISPA pneumonia. Prevalensi ISPA di Indonesia mencapai 25% pada tahun 2013. Kejadian ISPA di Kota Palu pada tahun 2013 mencapai 39,6% sementara kejadian ISPA di Puskesmas Biromaru Kabupaten Sigi mencapai 70,5% pada tahun 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Hubungan Status gizi, pemberian kolostrum dan lama pemberian ASI dengan kejadian ISPA pada balita di Puskesmas Biromaru Kabupaten Sigi”. Jenis penelitian Survey Analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 247 balita. Sampel pada penelitian ini adalah 70 balita, dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dimana responden adalah ibu dari anak balita usia (24-59 bulan). Data penelitian ini diuji secara statistik degan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara status gizi (ρ=0,002), pemberian kolostrum (ρ=0,007) dan lama pemberian ASI (ρ=0,001) dengan kejadian ISPA pada balita di Puskesmas Biromaru Kabupaten Sigi. Diharapkan kepada petugas kesehatan di Puskesmas Biromaru agar dapat mengoptimalkan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program pencegahan penyakit ISPA serta kepada orang tua balita agar memperhatikan status gizi, pemberian kolostrum dan lama pemberian ASI pada balita.

Kata Kunci : ISPA, Status Gizi, Kolostrum, ASI


Ketersediaan

SKM2015007612.3 MAN hMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
612.3 MAN h
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xviii , 77 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
612.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xviii , 77 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this