No image available for this title

Buku Teks

ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN VOLUNTARY COUNSELING AND TESTING (VCT) PADA WANITA PEKERJA SEKS (WPS) DI KOTA PALU TAHUN 2014



ABSTRAK

ANDREY W. RANONTO. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Voluntary Counseling And Testing (VCT) Pada Wanita Pekerja Seks (WPS) di Kota Palu (di bawah bimbingan Adhar Arifudin dan Herawanto).


Peminatan Epidemiologi
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Universitas Tadulako
Skripsi, Desember 2014

Voluntary counseling and testing (VCT) merupakan pintu masuk bagi layanan kesehatan, pengobatan, dan perawatan bagi penderita penyakit HIV/AIDS. VCT juga sangat berperan dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran untuk mencegah HIV/AIDS melalui konseling. Sebagai kelompok risiko tinggi, WPS di Kota Palu masih kurang memanfaatkan klinik VCT yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan VCT pada WPS di Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh WPS di Kota Palu. Penarikan sampel menggunakan cara non probabilitas dengan teknik accidental sampling, diperoleh sampel sebesar 77 responden. Hasil analisis menunjukan variabel yang berhubungan dengan pemanfaatan VCT adalah umur (ρ=0,034), pengetahuan (ρ=0,049), sikap (ρ=0,002), dukungan orang terdekat (ρ=0,000). Adapun variabel yang tidak berhubungan dengan pemanfaatan VCT adalah lama bekerja sebagai WPS (ρ=0,266) dan tingkat pendidikan (ρ=0,426). Dukungan orang terdekat perlu ditingkatan dan dikembangkan dalam hal ini petugas kesehatan dan LSM karena sangat mempengaruhi WPS dalam memanfaatkan VCT.

Kata kunci : HIV/AIDS, VCT, WPS






ABSTRACT

ANDREY W. RANONTO. Analysis of Factors Associated With Utilization of Voluntary Counseling and Testing (VCT) by Female Sex Workers (FSWs) in Palu (under the guidance of Adhar Arifudin and Herawanto).


Epidemiology specialization
Public Health Studies Program
Faculty of Medicine and Health Sciences
Tadulako University
Thesis, December 2014

Voluntary counseling and testing (VCT) is the entry point for health services, treatment, and care for people with HIV / AIDS. VCT is also a very important role in increasing knowledge and awareness to prevent HIV / AIDS through counseling. As a high-risk group, the WPS in Palu still lacking utilizing VCT clinics are available. This study aimed to analyze the factors associated with utilization of VCT in WPS in Palu. This research is analytic observational, cross-sectional approach. The population in this study are all WPS in Palu. Sampling using non-probability method with accidental sampling technique, obtained a sample of 77 respondents. Results of the analysis showed that the variables associated with the utilization of VCT is age (ρ = 0.034), knowledge (ρ = 0.049), attitude (ρ = 0.002), the support of those closest (ρ = 0.000). The variables that are not associated with the utilization of VCT are work duration as WPS (ρ = 0.266) and education level (ρ = 0.426). Support the nearest people needs to be improved and developed in this case health workers and NGOs because it greatly affects the WPS in utilizing VCT.

Key words : HIV/AIDS, VCT, WPS


Ketersediaan

SKM2015025613.04 RAN aMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
613.04 RAN a
Penerbit : Sebastopol, CA.,
Deskripsi Fisik
ix , 95 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
613.04
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
ix , 95 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this