No image available for this title

Skripsi Kedokteran

EFEK GEL EKSTRAK BUAH BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L.) PADA PENINGKATAN KETEBALAN KOLAGEN DALAM PROSES PENYEMBUHAN LUKA INSISI PADA MENCIT (Mus musculus)



ABSTRAK
Latar Belakang: Belimbing wuluh memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menunjang proses penyembuhan luka, terutama dalam peningkatan ketebalan kolagen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek gel ekstrak belimbing wuluh pada peningkatan ketebalan kolagen dalam proses penyembuhan luka insisi pada mencit.
Metode Penilitian: Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental laboratorium. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-Mei 2014 dengan tempat perlakuan dilakukan dirumah peneliti, pembuatan luka dan biopsi dilakukan di Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Anutapura Palu dan pewarnaan jaringan dilakukan di laboratorium Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Subjek adalah mencit yang dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan yang masing-masing terdiri dari 6 subjek. Kelompok terdiri dari 1 kelompok kontrol yang diberikan sediaan gel tanpa zat aktif dan 3 kelompok pelakuan yang diberikan gel ekstrak belimbing wuluh dengan variasi konsentrasi 5%, 10%, dan 15%. Semuanya diberikan 2 kali sehari secara topikal. Mencit diberikan luka sayat pada punggung kanan dengan panjang 1 cm, kemudian selama 14 hari diberikan perlakuan sesuai kelompok, pada hari ke-14 dilakukan biopsi dan dicat dengan pewarnaan Von Gieson. Data berupa gambaran histologi kulit berdasarkan ketebalan kolagen, kemudian dianalisis menggunakan uji one way Anova dengan nilai P


Ketersediaan

SKD2015038615.32 RAM eMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
615.32 RAM e
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xv , 56 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
615.32
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xv , 56 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this