No image available for this title

Skripsi Kedokteran

PENGARUH PENGEMBANGAN METODE LECTURER ASSISTANT TERHADAP NILAI UJIAN PRAKTIKUM ANATOMI BLOK BIOMEDICAL SCIENCE III MAHASISWA KEDOKTERAN DI FKIK UNTAD PALU



ABSTRAK


Latar Belakang: Proses pembelajaran anatomi dengan bantuan asisten anatomi disebut sebagai Metode Lecturer Assistant. Dalam hal ini asisten dosen adalah mahasiswa yang sudah berada ditingkat atas yang diharapkan dapat membantu adik-adiknya, sehingga bisa membantu pencaipan tujuan pembelajaran anatomi. Metode Lecturer Assistant ini telah diterapkan pada Departemen Anatomi FKIK Untad sejak tahun 2011, namun kurang efektif hal ini mungkin dikarenakan dalam penerapannya yang belum maksimal. Penerapan pengembangan Metode Lecturer Assistant diharapkan dapat mempengarui nilai ujian praktikum mahasiswa.
Tujuan: Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengembangan Metode Lecturer Assistant terhadap nilai ujian praktikum anatomi blok Biomedical Science III Program Studi Kedokteran FKIK Untad Palu.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent (post-test) Control Group Desain, pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dan total sampel pada penelitian ini berjumlah 54 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini dikarakteristikkan berdasarkan nilai rata-rata ujian praktikum anatomi blok 1 (Osteology) dan blok 3 (Biomedical Science II). Perbedaan dari kedua kelompok ialah bahwa kelompok eksperimen diberi perlakuan dalam hal ini berupa pengembangan Metode Lecturer Assistant dan kelompok kontrol tidak. Pada analisis hasil ujian praktikum diperoleh dengan menggunakan soal ujian praktikum anatomi yang diberikan pada saat ujian praktikum.
Hasil: Analisis data menggunakan uji Mann-whitney, diperoleh nilai probabilitas (0,014


Ketersediaan

SKD2015044371.394 RIS pMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.394 RIS p
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xv , 45 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.394
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xv , 45 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this