No image available for this title

Skripsi Kesmas

FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI PADA IBU PASANGAN USIA SUBUR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TOAYA KECAMATAN SINDUE KABUPATEN DONGGALA



ABSTRAK

MEYLIANI ALIFYUNITA. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Kontrasepsi pada Ibu Pasangan Usia Subur di Wilayah Kerja Puskesmas Toaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. (di bawah bimbingan Abd. Rahman dan Sudirman).


Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Universitas Tadulako
Skripsi, November 2015

Sasaran program Keluarga Berencana dibagi menjadi 2 yaitu sasaran langsung dan sasaran tidak langsung, tergantung dari tujuan yang ingin dicapai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan kontrasepsi pada Ibu Pasangan Usia Subur di Puskesmas Toaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel yaitu 97 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Stratified Random Sampling. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara motivasi dengan penggunaan kontrasepsi (ρ=0,000), ada hubungan pengetahuan dengan penggunaan kontrasepsi (ρ=0,004), ada hubungan paritas dengan penggunaan kontrasepsi (ρ=0,011), tidak ada hubungan pendapatan keluarga dengan penggunaan kontrasepsi (ρ=0,164), dan tidak ada hubungan sosial budaya dengan penggunaan kontrasepsi (ρ=0,693). Petugas kesehatan harusnya lebih meningkatkan sosialisasi tentang pentingnya penggunaan kontrasepsi khususnya di daerah yang berjarak jauh dengan puskesmas.

Kata Kunci : Motivasi, Penggunaan Kontrasepsi, Ibu PUS


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
613.9 ALI f
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xvi ,78 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
613.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
xvi ,78 hlm ; 29 cm
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this