No image available for this title

Skripsi Kesmas

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENINGKATAN STATUS GIZI PADA BALITA GIZI KURANG MELALUI ASUHAN COMMUNITY FEEDING CENTER (CFC) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BIROBULI KECAMATAN PALU SELATAN




ABSTRAK
WIJI LESTARI. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Peningkatan Status Gizi pada Balita Gizi Kurang Melalui Asuhan Community Feeding Center (CFC) di Wilayah Kerja Puskesmas Birobuli Kecamatan Palu Selatan (Dibawah bimbingan Nurdin Rahman dan Muh. Jusman Rau).
Peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Universitas Tadulako Palu
Skripsi, November 2015

Prevalensi gizi kurang secara nasional mencapai 19,6%. Hal ini menunjukan bahwa masalah gizi kurang di Indonesia masih merupakan masalah kesehatan masyarakat, sedangkan di Kota Palu gizi kurang juga masih menjadi masalah kesehatan yang terus ditangani oleh pemerintah. Community Feeding Center merupakan program pemerintah dalam menanggulangi kasus gizi kurang melalui pemberian makanan tambahan pada balita dan penyuluhan pada ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan peningkatan status gizi pada balita gizi kurang melalui asuhan Community Feeding Center (CFC) di wilayah kerja Puskesmas Birobuli. Jenis penelitian yang digunakan berupa survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 35 orang dengan teknik total sampling. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square dan risk estimate pada batas kemaknaan (α=5%). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara dukungan keluarga dengan peningkatan status gizi balita (ρ =0,001) dan OR= 19,200, ada hubungan antara pendidikan ibu dengan peningkatan status gizi balita (ρ =0,001) dan OR= 22,000, ada hubungan antara pekerjaan ibu dengan peningkatan status gizi balita (ρ =0,000) dan OR =0,039 serta tidak ada hubungan antara pendapatan keluarga dengan peningkatan status gizi balita (ρ = 0,031) dan OR =0,176. Disarankan pada ibu balita agar lebih memahami faktor-faktor yang menyebabkan status gizi balita tidak kunjung membaik dan lebih sering berkonsultasi terkait masalah yang dihadapi saat masa pemulihan status gizi balitanya selama kegiatan CFC.
Kata Kunci : Dukungan, Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan , CFC


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
612.3
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xv , 82 hlm ; 29 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
612.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xv , 82 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this