No image available for this title

Skripsi Kesmas

ANALISIS PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN SCHISTOSOMIASIS PADA MASYARAKAT DI DESA DODOLO KECAMATAN LORE UTARA LEMBAH NAPU KABUPATEN POSO



ABSTRAK
YAYUK FEBRIANTY. Analisis Perilaku Pencegahan Penularan Schistosomiasis pada Masyarakat Desa Dodolo Kecamatan Lore Utara Lembah Napu Kabupaten Poso (di bawah bimbingan Herman Kurniawan dan Hasanah).


Peminatan Promosi Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Universitas Tadulako
Juli 2015


Schistosomiasis merupakan salah satu penyakit tertua dan penting di dunia selain malaria, dimana penyakit ini di infeksi oleh keong ataupun tikus. Hasil survey pada tahun 2013 yang dilakukan pada 16 desa di Lembah Napu terkait Schistosomiasis, melaporkan bahwa dari sampel tinja yang dikumpulkan sebanyak 10.569 jiwa dari 13.658 total penduduk, ditemukan sekitar 205 jiwa (1,9%) yang positif Schistosomiasis,. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor predisposisi, faktor pendukung serta faktor pendorong masyarakat dalam berperilaku mencegah penularan Schistosomiasis. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik triangulasi. Jumlah informan yang digunakan adalah 10 orang, terdiri dari 3 informan kunci serta 7 orang informan biasa. Penelitian ini dilakukan di Desa Dodolo pada tanggal 2-14 Mei 2015. Analisis data menggunakan pendekatan analisa isi (content analysis) dengan teknik matriks. Hasil penelitian. menunjukkan bahwa masyarakat Desa Dodolo mengetahui dengan baik tentang penyebab, cara penularan, namun beberapa informan tidak mengetahui tentang cara pencegahan. Laboratorium Schistosomiasis aktif dalam memberikan obat anti parasit secara kolektif kepada keluarga penderita Schistosomiasis, namun berbanding terbalik dengan pembagian Alat Pelindung Diri (APD) yang hanya diberikan sekali dalam jarak waktu yang cukup lama. Kebijakan dari Gubernur Sulawesi Tengah untuk membuat Tim Terpadu tentang pengendalian Schistosomiasis masih belum berjalan dengan baik.

Kata Kunci: Schistosomiasis, Perilaku Pencegahan


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.96 FEB a
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
vii , 61 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.96
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
vii , 61 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this