No image available for this title

Skripsi Kesmas

EVALUASI PELAKSANAAN SEVEN JUMPS DALAM DISKUSI TUTORIAL PADA MAHASISWA ANGKATAN 2012 DI PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO



ABSTRAK

Latar Belakang: Kegiatan tutorial (Seven Jumps) merupakan salah satu langkah nyata untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran pada setiap blok. Tutorial yang merupakan inti dari PBL menarik untuk diteliti dalam rangka mengevaluasi kurikulum yang dipakai di Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Tadulako. Berdasarkan alasan inilah penelitian ini berusaha menggambarkan tahapan-tahapan diskusi tutorial yang dilaksanakan oleh mahasiswa PSPD angkatan 2012 Universitas Tadulako.
Metode: Penelitian ini menggunakan data analisis Univariat deskriptif. statistika deskriptif adalah suatu teknik analisis penyajian dan peringkasan data. adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu berupa frekuensi responden atau mahasiswa yang menjawab pernyataan dalam kuesioner.
Dalam penelitian ini populasi juga menjadi sampel dengan pertimbangan kurang efektif jika dilakukan pengambilan sampel karena terdapat pembentukan kelompok yang harus melibatkan semua mahasiswa PSPD angkatan 2012 yang masih aktif dalam kegiatan akademik. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 112 mahasiswa kedokteran tahun keempat yang masih aktif dalam kegiatan perkuliahan. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Kualitas evaluasi pelaksanaan tahapan dalam seven jumps akan dianalisis dengan metode statistika deskriptif melalui penggambaran grafik dan susunan tabel menggunakan data kuantitatif berupa frekuensi responden yang menjawab pernyataan dalam kuisioner.
Hasil: Dari hasil pengujian SPSS dan secara deskriptif diperoleh nilai persentase terbesar untuk langkah keenam dalam pelaksanaan seven jumps (belajar mandiri) sebesar 100,0%. Namun secara umum, semua tahapan dalam pelaksanaan seven jumps oleh mahasiswa PSPD angkatan 2012 memiliki kualitas evaluasi sangat baik. Sedangkan jika dibandingkan dengan skenario yang diberikan sebagai bahan diskusi tiap kelompok, skenario yang paling memenuhi syarat dengan kategori evaluasi sangat baik terdapat pada skenario 3 yaitu “Nyeri Tak Tertahankan”.
Kesimpulan: Diantara tujuh langkah/tahapan dalam seven jumps, yang paling baik dan mudah dipahami oleh mahasiswa PSPD adalah langkah keenam karena memang pada prinsipnya pelaksanaan seven jumps dapat melatih kemandirian mahasiswa dalam belajar. Semakin baik kualitas skenario maka akan semakin maksimal belajar mandiri mahasiswa.
Kata kunci: Skenario, Tutorial, Seven jumps


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.394 JAM e
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xiv , 67 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.394
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xiv , 67 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this