No image available for this title

Skripsi Kedokteran

KARAKTERISTIK PASIEN ANAK DIARE PADA RUANG RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM ANUTAPURA PALU TAHUN 2014



ABSTRAK
Latar Belakang: Penyakit diare masih menjadi masalah kesehatan dunia terutama di negara berkembang termasuk Indonesia. Penyakit diare merupakan salah satu penyebab utama kesakitan dan kematian pada anak. Penyakit diare merupakan penyakit endemis di Sulawesi Tengah dan juga merupakan penyakit potensial Kejadian Luar Biasa (KLB) yang sering disertai dengan kematian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Karakteristik Pasien Anak Diare pada Ruang Rawat Inap di RSU Anutapura Tahun 2014.
Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif dengan sampel penelitian berjumlah 100 orang anak yang memenuhi kriteria inklusi diperoleh dari data rekam medis RSU Anutapura Palu tahun 2014 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil: Ditemukan distribusi penderita diare anak tertinggi menurut usia 1-5 tahun sebanyak 49 orang (49%). Jenis Kelamin terbanyak adalah laki-laki sebanyak 54 orang (54%). Derajat dehidrasi paling banyak pada kelompok ringan- sedang sebanyak 44 (44%). Lama Perawatan paling banyak adalah ≤5 hari sebanyak 68 (68%). Status Gizi terbanyak adalah status gizi baik sebanyak 52 orang (52%). Dan Keadaan sewaktu pulang terbanyak adalah dalam keadaan sembuh dengan jumlah 85 orang atau 85%.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian tersebut, karakteristik terbanyak pasien diare anak pada ruang rawat inap di RSU Anutapura palu tahun 2014 yaitu berusia 1-5 tahun, dengan jenis kelamin laki-laki, derajat dehidrasi ringan-sedang, lama perawatan ≤5 hari dengan status gizi baik, dan pasien terbanyak dalam keadaan sembuh.

Kata Kunci : Karakteristik, Diare anak, RSU Anutapura Palu


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.923 MAL k
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xvii , 40 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
618.923
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xvii , 40 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this