No image available for this title

Skripsi Kedokteran

PERBANDINGAN TINGKAT KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI MAHASISWA TAHUN II, III DAN IVPROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS TADULAKO DENGAN METODE SELF-DIRECTED LEARNING READINESS SCALE



ABSTRAK


Latar Belakang: Pola proses pembelajaran dosen aktif dengan mahasiswa pasif efektifitasnya rendah, dan tidak dapat menumbuhkembangkan proses partisipasi aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan dalam proses dan materi pembelajaran di perguruan tinggi tidak berbentuk Teacher-Centered Content-Oriented (TCCO), tetapi diganti dengan menggunakan prinsip Student-Centered Learning (SCL) yang disesuaikan dengan keadaan perguruan tingginya. Banyak orang yang tidak mampu melaksanakan belajar mandiri karena kurangnya kemandirian, kepercayaan diri, dan sumber daya. Evaluasi terhadap proses belajar perlu dilakukan untuk mengetahui tahapan-tahapan belajar mana yang belum dapat dilakukan atau mungkin diperlukannya strategi belajar yang lain untuk mencapai tahapan-tahapan belajar tersebut.
Metode: Jenis penelitian ini adalah non eksperimen dengan pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa program tstudi pendidikan dokter fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan tahun kedua hingga ke empat pada tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 249 orang yaang telah sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi.
Hasil: Analisis data SDLR, keinginan untuk belajar, manajemen diri, kontrol diri menggunakan uji one way ANOVA dan uji perbandingan post hoc, diperoleh nilai probabilitas < 0,05 maka hipotesis diterima.
Kesimpulan: Terdapat perbandingan tingkat kemampuan belajar mandiri mahasiswa tahun kedua hingga tahun keempat Program Studi Kedokteran Universitas Tadulako dengan metode Self Directed Learning Readiness Scale.


Kata Kunci: skala kesiapan belajar mandiri, kemandirian belajar, manajemen diri,
keinginan untuk belajar, kontrol diri.

















ABSTRACT



Background: Pattern learning process active professors and students passive passive have low effectiveness, and can not develop active participation in the learning process . Therefore, it is necessary to change the process and learning materials in college is not Teacher - Centered Content- Oriented ( TCCO ) , but was replaced by using the principle of Student - Centered Learning ( SCL ) adapted with the college . Many people are not able to carry out independent study because of a lack of independence , self-confidence , and resources. Evaluation of the learning process needs to be conducted to determine the stages of learning which can not be done or may need to learn other strategies to achieve these learning stages
Methods: This type of research is non experiment with cross sectional approach. Population of this research is medical student faculty of medicine and health sciences second year up to four in the academic year 2014 to 2015, amounting to 249 people that in accordance with the inclusion and exclusion criteria.
Results: SDLR data analysis, a desire for learning, self-management, self-control using one way ANOVA test and post hoc comparison test, obtained probability value < 0.05 then the hypothesis is accepted.
Conclusion: There is a comparison of the level of self-learning ability of students the second year until the fourth year of Medicine, Tadulako University methods Self Directed Learning Readiness Scale.

Keywords: self directed learning readiness scale, self directed learning, self management, self control, desire for learning.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.394 DAU p
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xiv , 33 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.394
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xiv , 33 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this