No image available for this title

Skripsi Kedokteran

FAKTOR – FAKTOR RISIKO PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM ANUTAPURA PALU PERIODE JANUARI – JUNI 2015



ABSTRAK
Latar Belakang: Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan masalah kesehatan utama di negara maju dan negara berkembang. Dilaporkan jumlah kasus kematian PJK di kota Palu tahun 2014 adalah 61 kasus. Penyakit jantung muncul akibat tersumbatnya pembuluh arteri dan mengakibatkan distribusi oksigen ke jantung terhambat. PJK mempunyai faktor risiko yang bisa diubah adalah hipertensi, dislipidemia, DM, obesitas, merokok, stres, dan inaktivitas fisik. Faktor risiko yang tidak bisa diubah adalah usia, jenis kelamin, riwayat keluarga.
Metode: Penelitian ini merupakan studi analitik observasional dengan menggunakan desain penelitian case control untuk mengetahui faktor risiko PJK. Teknik pengambilan sampel secara total sampling yaitu 58 pasien kasus yang menderita PJK dan 116 pasien kontrol yang tidak menderita PJK berumur ≥25 tahun dan melakukan pemeriksaan kadar gula, kolestrol darah dan tekanan darah. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariat dengan uji chi-square (α=0,05) dan analisa multivariat menggunakan metode regresi logistik ganda.
Hasil: Berdasarkan 174 sampel yang diteliti, hasil uji statistik menggunakan uji chi-square yang memiliki hubungan bermakna adalah usia (p=0,034), jenis kelamin (p=0,042), riwayat keluarga (p=0,000), hipertensi (p=0,024), dislipidemia (p=0,020), DM (p=0,003), dan jumlah faktor risiko (p=0,016). Hasil multivariate yang paling berpengaruh terhadap kejadian PJK yaitu riwayat keluarga dengan nilai (OR=3,839).
Kesimpulan:.Usia, jenis kelamin, riwayat keluarga, hipertensi, dislipidemia, DM, dan jumlah faktor risiko merupakan faktor risiko PJK. Faktor risiko yang paling berpengaruh terhadap PJK adalah riwayat keluarga.


Ketersediaan

SKD2016273N 101 12 044 SIM fMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 12 044 SIM f
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xvi , 62 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xvi , 62 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this