No image available for this title

Skripsi kedokteran

HUBUNGAN ANTARA JUMLAH LEUKOSIT DAN HEMATOKRIT DENGAN DERAJAT BERATNYA PENYAKIT DBD PADA PASIEN ANAK DI RSU. ANUTAPURA PERIODE JANUARI 2014-MARET 2015



ABSTRAK
Latar Belakang: Demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dapat menginfeksi serta menimbulkan kematian bagi anak. Klasifikasi derajat beratnya penyakit DBD menjadi acuan yang dalam melakukan tatalaksana. Penurunan jumlah leukosit serta peningkatan jumlah hematokrit dapat menjadi penanda derajat beratnya penyakit demam berdarah dengue.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara jumlah leukosit dan hematokrit dengan derajat beratnya penyakit DBD pada pasien anak di RSU. Anutapura periode Januari 2014-Maret 2015.
Metode Penelitian: Penelitan ini menggunakan metode penelitian cross-sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 83 pasien yang sesuai dengan kriteria inklusi serta eksklusi. Instrumen yang digunakan dalam penelitan adalah data rekam medik dari pasien anak penderita demam berdarah dengue. Hubungan antara jumlah leukosit dan hematokrit dengan derajat beratnya penyakit demam berdarah dengue pada pasien anak dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil Penelitian: Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan tidak terdapat hubungan antara jumlah leukosit dengan derajat beratnya penyakit demam berdarah dengue pada pasien anak (p=0.775) arah korelasi positif serta kekuatan hubungannya lemah (r=0,032). Sedangkan korelasi antara jumlah hematokrit dengan derajat beratnya penyakit demam berdarah dengue tidak terdapat hubungan (p=0,052) dengan arah korelasi positif dan kekuatan hubungan lemah (r=0,214).
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara jumlah leukosit dan hematokrit dengan derajat beratnya penyakit DBD pada pasien anak di RSU. Anutapura periode Januari 2014-Maret 2015.
Kata kunci : Derajat Beratnya DBD, Jumlah Leukosit, Jumlah Hematokrit


Ketersediaan

SKD2016313N 101 12 034 QUL hMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 12 034 QUL h
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xiv , 40 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xiv , 40 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this