No image available for this title

Skripsi Kedokteran

MANAJEMEN WAKTU BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI UNIVERSITAS TADULAKO




ABSTRACT
Background: PBL’s curriculum involved the students in their own learning in various aspects of learning activities that having positive or negative impact for students' academic depending on the student’s time management.
Objective: To determine study time management for medical students in PBL’s study program at Tadulako University.
Methods: It was a qualitative study using in-depth interviews. There is one major informant and 12 minor informants. Data analyzing using information matrices technique, they are number, name ,emic, ethics, conclusions and presented by descriptive narrative form.
Result: Factors individual internal such as laziness, postpone, habit of late, one hour push ahead of deadline, non-academic activities, the number of schedule and assignments that affects the studying management. Strategy for studying management are to ask colleagues about matters relating to the objective learning PBL, focus of the materials and having daily schedules. The importance to manage study for medical students is for improve the knowledge and skills as a medic that giving impact on improve the ability to identify and resolve the problem’s actively of tutorials and another discussions.
Conclusions: Medical students fourth grade of Tadulako University still having trouble to manage their study effectively and efficiently to support their activity on the implementation of PBL independence.
Keywords: PBL, Study Time Management
ABSTRAK
Latar Belakang: Kurikulum PBL melibatkan mahasiswa pada proses pembelajaran mandiri dalam berbagai aspek kegiatan belajar yang dapat berdampak positif atau negatif pada hasil akademik mahasiswa tergantung bagaimana mahasiswa dapat mengatur waktu pada jadwal perkuliahan.
Tujuan: Untuk mengetahui manajemen waktu belajar mahasiswa program studi kedokteran dalam PBL di Universitas Tadulako.
Metode: Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara mendalam. Terdapat 1 informan kunci dan 12 informan biasa. Analisis data dengan teknik maktriks dimana informasi diolah dalam tabel atara lain: no, nama informan, emik, etik, kesimpulan dan disajikan dalam bentuk narasi deskriptif.
Hasil penelitian: Faktor internal individu seperti rasa malas, menunda-nunda waktu belajar, kebiasaan datang terlambat kuliah, mengerjakan tugas 1 jam dari deadline, berbagai aktivitas non akademik, jadwal yang padat dan banyaknya tugas yang harus dikerjakan mempengaruhi manajemen waktu belajar. Strategi mahasiswa dalam memanajemen waktu belajar yaitu bertanya pada teman sejawat mengenai hal yang berkaitan dengan learning objektif PBL,fokus menerima materi kuliah, dan membuat jadwal harian. Alasan pentingnya manajemen waktu belajar bagi mahasiswa kedokteran karena dalam lingkup dunia kedokteran belajar memang dibutuhkan terus-menerus untuk meningkatkan wawasan dan skill sebagai seorang tenaga medis. Manajemen waktu belajar akan berpengaruh pada peningkatan kemampuan mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dari skenario yang ditutorialkan serta keaktifan dalam berdiskusi.
Kesimpulan: Mahasiswa kedokteran tahun IV Universitas Tadulako masih merasa kesulitan memanajemen waktu belajarnya dengan efektif dan efisien dalam mendukung padatnya aktivitas kemandirian belajar pada pelaksanaan PBL.
Kata Kunci: PBL, Manajemen Waktu Belajar


Ketersediaan

SKD2016325N 101 12 046 MAN mMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 12 046 MAN m
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xvi , 60 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xvi , 60 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this