No image available for this title

Skripsi Kedokteran

EFEKTIVITAS DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK BUAH NANAS (Ananas comosus) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Escherichia coli



ABSTRAK
Latar Belakang: Escherichia coli adalah anggota flora normal usus. E. coli menjadi patogen jika jumlahnya dalam saluran pencernaan meningkat atau berada di luar usus. E.coli menghasilkan enterotoksin pada sel epitel. Manifestasi klinik infeksi oleh E. coli bergantung pada lokasi infeksi. Salah satu tanaman buah yang berpotensi mengatasi patogenitas bakteri E.coli adalah nanas (Ananas comosus). Buah nanas (Ananas comosus) mengandung zat-zat fitokimia dan enzim antibakteri (flavonoid, saponin dan bromelin). Hal ini yang mendasari penulis melakukan penelitian tentang efektivitas daya antibakteri ekstrak buah nanas (Ananas comosus) terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli.
Tujuan: Untuk menilai dan mengetahui daya antibakteri ekstrak buah nanas (Ananas comosus) terhadap pertumbuhan E. coli.
Metode: Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental laboratorium posttest only control group, dimana peneliti melakukan pengamatan terhadap kelompok kontrol dan kelompok perlakuan setelah diberikan intervensi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa dengan uji One Way ANOVA dan Post Hoc Test.
Hasil: Diameter zona hambat paling besar diperoleh pada kontrol positif, yaitu dengan rerata 20,83 mm dan diikuti pada perlakuan ekstrak buah nanas 25% (16), 15% (13,5), 10% (11,33), 5% (8), sedangkan kontrol negatif yang digunakan menunjukkan tidak adanya hambatan terhadap masing-masing replikasi. Berdasarkan hasil uji One Way ANOVA terdapat perbedaan yang bermakna pada lebih dari dua kelompok uji (p=0,000).
Kesimpulan: Pada eksperimen ekstrak buah nanas (Ananas comosus) menunjukkan bahwa dengan meningkatkan konsentrasi ekstrak, maka semakin baik pengaruh kadar hambat yang terjadi terhadap koloni bakteri Escherichia coli.
Kata Kunci: Ekstrak Buah Nanas, Ananas comosus, Antibakteri, Escherichia coli


Ketersediaan

SKD2016333N 101 12 038 RAI eMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 12 038 RAI e
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xv , 35 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xv , 35 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this