No image available for this title

Skripsi Kesmas

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BAWANG MERAH (Allium cepa L. var. Ascalonicum) TERHADAP Escherichia coli



ABSTRAK

Latar belakang: Tanaman bawang merah atau (Allium cepa L.var.Ascalonicum) termasuk familia Liliaceae, banyak tumbuh di daerah-daerah di Indonesia. Menurut beberapa penelitian bawang merah memiliki berbagai efek farmakologis, antara lain analgesik, antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan. Uji fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak bawang merah mengandung flavonoid, saponin, tanin dan minyak atsiri yang memiliki sifat antibakteria. Escherichia coli merupakan bakteri yang umum ditemukan dalam usus manusia,beberapa bersifat patogen dan dapat menyebabkan diare.
Tujuan: Untuk mengetahui efek antibakteri ekstrak bawang merah (Allium cepa L.var.Ascalonicum) terhadap bakteri Escherichia coli secara in vitro.
Metode: Eksperimental laboratorium murni (true experiment) dengan rancangan eksperimen sederhana (posttest only control group design). Metode ekstraksi yang digunakan adalah metode maserasi. Pengujian aktivitas antibakteri menggunakan metode difusi agar (metode sumur) dengan konsentrasi ekstrak 25%, 50%, 75%, 100% dan cefotaxim sebagai kontrol positif dan Aquades sebagai kontrol negatif. Masing-masing perlakuan direplikasi sebanyak enam kali.
Hasil: Ekstrak Bawang merah dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli pada konsentrasi 25%, 50%, 75%, 100% dengan hasil berturut-turut yaitu 1,80 mm, 2,00 mm, 2,10 mm, dan 2,50 mm. Kadar Hambat Minimal (KHM) pada konsentrasi 25% (1,80 mm). Hasil uji statistik menggunakan One Way ANOVA didapatkan nilai signifikansi p


Ketersediaan

SKM20160150N 101 10 019 ALM uMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 10 019 ALM u
Penerbit KESMAS : Palu.,
Deskripsi Fisik
xv , 42 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xv , 42 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this