No image available for this title

Skripsi kedokteran

HUBUNGAN HIPERTENSI DALAM KEHAMILAN DENGAN KELAHIRAN PRETERM DI RSU ANUTAPURA TAHUN 2015



ABSTRAK




Latar Belakang: Hipertensi dalam kehamilan merupakan 5-15% penyulit kehamilan dan merupakan salah satu dari tiga penyebab tertinggi mortalitas dan morbiditas ibu bersalin. Ibu yang mengalami hipertensi akibat kehamilan berkisar 10%, 3-4 % diantaranya mengalami preeklampsia, 5% mengalami hipertensi dan 1-2% mengalami hipertensi kronik. Hipertensi dalam kehamilan berhubungan dengan insufisiensi uteroplasenta yang menyebabkan janin mengalami hipoksia sehingga memicu terjadinya kelahiran preterm. Kelahiran preterm di Indonesia mencapai 16-18%. dimana kematian neonatus kurang dari 1 bulan yang mencapai 48% disebabkan oleh kelahiran pretern.
Tujuan : Untuk mengetahui adanya hubungan antara hipertensi dalam kehamilan dengan kelahiran preterm.
Metode: Penelitian ini merupakan studi analitik observasional dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel yang digunakan adalah ibu hamil dengan hipertensi dalam kehamilan dan non hipertensi dalam kehamilan tanpa disertai penyulit kehamilan yang lain. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling yang terdiri dari 96 ibu bersalin di RSU Anutapura. Analisis data dilakukan dengan uji chi-square (α=0,05).
Hasil: Dari hasil penelitian ditemukan kelompok usia ibu yang mengalami hipertensi dalam kehamilan terbanyak pada usia 35-39 tahun (12 kasus) dan paling sedikit pada usia


Ketersediaan

SKD2017371N 101 13 093 RIH hMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 13 093 RIH h
Penerbit PSPD : Palu.,
Deskripsi Fisik
XVI , 51 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
XVI , 51 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this