No image available for this title

Skripsi kedokteran

PERBEDAAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN DISKUSI BLOK 12 MAHASISWA ANGKATAN 2013 DAN 2014 PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FKIK UNIVERSITAS TADULAKO



ABSTRAK
Latar belakang. Belajar adalah aktivitas untuk memperoleh pengetahuan. metode belajar yang digunakan di program studi kedokteran universitas tadulako yaitu metode pembelajaran problem based learning (PBL). Salah satu yang mempengaruhi hasil belajar adalah gaya belajar. Gaya belajar merupakan cara termudah yang dimiliki individu dalam menyerap, atau mengatur, dan mengelolah informasi yang diterima. gaya belajar yang sesuai merupakan kunci untuk keberhasilan seseorang dalam belajar.
Tujuan. untuk mengetahui perbedaan gaya belajar terhadap keaktifan diskusi tutorial blok 12 mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 program studi kedokteran universitas tadulako.
Metode. Penelitian ini menggunakan rancangan Cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Jumlah sampel 119 mahasiswa kedokteran angkatan 2013 dan 2014 yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Instrumen penelitian menggunakan kuisoner dan lembar penilaian tutorial. Perbedaan gaya belajar terhadap keaktifan diskusi tutorial blok 12 dianalisis dengan menggunakan uji krusskal-wallis.
Hasil. mayoritas responden memiliki gaya belajar reflektor (50,4 %). Nilai rata-rata keaktifan diskusi tutorial blok 12 mahasiswa angkatan 2013 adalah 83,85 dan mahasiswa angkatan 2014 adalah 83,76. Pada uji Krusskal-wallis nilai p = 0,323 (>0,05) artinya tidak terdapat perbedaan antara gaya belajar terhadap keaktifan diskusi tutorial blok 12 mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 program studi kedokteran universitas tadulako, sehingga uji Post Hoc tidak dilanjutkan.
Kesimpulan. Tidak terdapat perbedaan gaya belajar terhadap keaktifan diskusi tutorial blok 12 mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 program studi kedokteran universitas tadulako.
Kata Kunci : Gaya Belajar, Keaktifan diskusi, PBL.
xv
DIFFERENT IN LEARNING STYLES TO LIVELINESS OF THE TUTORIAL DISCUSSION 12thBLOCK STUDENTS 2013 AND 2014 FKIK MEDICAL STUDY PROGRAM OF TADULAKO UNIVERSTY
Riswandha *, Indah Puspasari Kiay Demak**, I Kadek Rupawan***
*Medical student, Faculty of Medicine and Health Science, Tadulako University
**Medical Education Unit, Faculty of Medicine and Health Science, Tadulako University
***Pathology Anatomy Departement, Faculty of Medicine and Health Science, Tadulako University
ABSTRACT
Background. Learning is an activity to gain knowledge. learning method used in medical program of Tadulako university was problem based learning (PBL). One that influences learning outcomes is learning styles. Learning styles are the easiest way individuals have in absorbing, or organizing, and managing the information they receive. An appropriate learning style is the key to one's success in learning.
Aim. To determine the different in learning styles to liveliness of the discussion of tutorial block 12 students of 2013 and 2014 medical program of tadulako university.
Method. This study design was cross-sectional. Sampling was done by proportional stratified random sampling technique. The sample size is 119 medical students of 2013 and 2014 in accordance with inclusion and exclusion criteria. The research instrument used a questionnaire and a tutorial assessment sheet. Differences in learning styles on the Liveliness of the tutorial discussion of blocks 12 were analyzed using krusskal-Wallis test.
Results. The majority of respondents had reflector learning styles (50.4%). The average value of the discussion Liveliness on the block 12 students of 2013 was 83.85 and the student of 2014 was 83,76. In Krusskal-Wallis test p = 0.323 (> 0.05) means that there was no difference between the learning style of the liveliness of the discussion tutorial block 12 student class of 2013 and 2014 medical program of Tadulako university, so the Post Hoc test was discontinued.
Conclusion. There was no difference of learning style to Liveliness of the discussion of tutorial block 12 students of 2013 and 2014 medical program of tadulako university.
Keywords: Learning Styles, Discussion Activity, PBL.


Ketersediaan

SKD2017373N 101 13 052 RIS pMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 13 052 RIS p
Penerbit PSPD : Palu.,
Deskripsi Fisik
xiv , 40 hlm ; 20 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xiv , 40 hlm ; 20 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this