No image available for this title

Skripsi Kedokteran

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA DI RSUD UNDATA PALU RUANGAN KATELIA TAHUN 2014-2016



ABSTRAK
Latar Belakang: Status gizi merupakan faktor resiko yang berpengaruh dalam kejadian ISPA pada balita. Balita adalah kelompok umur yang sangat rentan terhadap berbagai penyakit infeksi dan membutuhkan zat gizi yang relatif lebih tinggi dibandingkan kelompok umur yang lain. Pada kasus gizi kurang dapat menyebabkan imunitas menurun sehingga akan mudah terjadi suatu infeksi. Hal ini disebabkan masih tingginya angka kematian karena ISPA terutama pada bayi dan balita.
Tujuan: untuk mengetahui hubungan status gizi dengan kejadian ISPA pada balita di RSUD Undata Palu ruangan katelia Tahun 2014 – 2016
Metode: Desain penelitian adalah obsevasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien balita yang berumur 1-5 tahun yang rawat inap di RSUD Undata Palu Ruangan Katelia tahun 2014-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan univariat, bivariat dengan uji Chi-square.
Hasil: Berdasarkan 66 sampel data yang telah di teliti, dari uji Chi-square diperoleh p value sebesar 0,071 dengan taraf signifikan (α) 0,05 maka dinyatakan H1 ditolak, sehingga Ho diterima. Jadi penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan kejadian ISPA pada balita.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan kejadian ISPA pada balita di RSUD Undata Palu ruangan katelia tahun 2014 – 2016.
Kata Kunci: status gizi, ISPA, balita


Ketersediaan

SKD2017410N 101 13 025 HAR hMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 13 025 HAR h
Penerbit PSPD : Palu.,
Deskripsi Fisik
xvi , 30 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xvi , 30 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this