No image available for this title

Skripsi Kedokteran

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN BLOK DENGAN NILAI UJIAN BLOK MAHASISWA TAHUN KEDUA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FKIK UNIVERSITAS TADULAKO



ABSTRAK
Latar Belakang : Salah satu stresor timbulnya kecemasan pada mahasiswa adalah
saat menghadapi ujian. Kecemasan berpengaruh pada organ viseral dan motorik,
selain itu juga mempengaruhi pikiran, persepsi, dan pembelajaran.
Penyelenggaraan pendidikan kedokteran di Universitas Tadulako dikemas dalam
sistem blok. Muatan yang diajarkan disusun dalam blok-blok dan disetiap akhir
blok diadakan ujian blok sebagai evaluasinya. Cemas saat ujian dapat
menghambat fungsi kognitif yang berpengaruh pada performa ketika ujian,
sehingga dapat mempengaruhi hasil yang diperoleh.
Tujuan : Mengetahui hubungan tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian blok
dengan nilai ujian blok mahasiswa tahun kedua Program Studi Kedokteran
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako.
Metode : Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan crosssectional,
pengumpulan sampel secara purposive sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 54 orang. Data diperoleh menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety
Rating Scale (HARS) dan dianalisis menggunakan uji korelasi spearman.
Hasil : Analisis data menggunakan uji korelasi spearman didapatkan nilai
signifikansi (p) = 0,839 (p>0,05) dan nilai koefisien korelasi (r) = 0,028.
Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dalam
menghadapi ujian blok dengan nilai ujian blok pada mahasiswa tahun kedua
Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas
Tadulako.
Kata
Kunci
:
Kecemasan,
Ujian
blok,
HARS
xvii
ABSTRACT
Background: One of the stressors of anxiety in students is when facing
examination. Anxiety affects the visceral and motor organs. It also affects the
mind, perception, and learning process. Implementation of medical education at
Tadulako University is done in block system. The lessons are arranged in blocks
and block examination is held for evaluation at the end of each blocks. Anxiety
during exams can inhibit cognitive functioning that affects performance when
taking exam, therefore the results obtained can be influenced.
Objective: To examine the relationship of anxiety level in facing block
examination and the examination score of second-year students of Medicine,
Faculty of Medicine and Health Science Tadulako University.
Method: This study design was a descriptive analytic with cross-sectional
approach. The sampling was done by purposive sampling with a sample size of 54
people. The data were obtained using Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS)
questionnaire and analyzed using Spearman correlation test.
Result: The analyzed data using Spearman correlation test gave results of
significance value (p) equal to 0.839 (p > 0.05) and correlation coefficient value
(r) of 0.028.
Conclusion: There is no relationship between the anxiety level in facing block
examination and the examination score of second-year students of Medicine,
Faculty of Medicine and Health Science Tadulako University.
Keywords: Anxiety, Block examination, HARS


Ketersediaan

SKD2017424N 101 13 084 MUH hMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 13 084 MUH h
Penerbit PSPD : Palu.,
Deskripsi Fisik
xvii , 40 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xvii , 40 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this