No image available for this title

Skripsi Kedokteran

HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DALAM METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASIWA TAHUN KEDUA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO



ABSTRAK
Latar Belakang: Pada saat ini seorang dokter dituntut untuk memiliki berbagai macam keterampilan untuk dapat berkomunikasi dengan baik kepada pasien. Menurut SKDI terdapat 7 area kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang dokter di Indonesia, dengan urutan sebagai berikut: profesionalitas yang luhur, mawas diri dan pengembangan diri, komunikasi efektif, pengelolaan informasi, landasan ilmiah ilmu kedokteran, keterampilan klinis dan pengelolaan masalah kesehatan. Berdasarkan hal tersebut di ketahui bahwa seorang dokter harus memiliki keterampilan komunikasi yang efektif. Rasa percaya diri juga memiliki hubungan yang sangat erat dengan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi. Dalam pendidikan kedokteran yang menggunakan metode pembelajaran PBL, rasa percaya diri sangat dibutuhkan oleh individu.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi dalam metode pembelajaran problem based learning pada mahasiswa tahun kedua program studi kedokteran universitas tadulako.
Metode: Jenis rancangan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional (potong lintang). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling yang terdiri dari 55 mahasiswa kedokteran untad tahun kedua.
Hasil: Berdasarkan 55 sampel yang diteliti, terdiri dari 16 responden berjenis kelamin laki-laki dan 39 responden berjenis kelamin perempuan. Hasil uji statistik menggunakan Gamma diperoleh nilai p = 0,372.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan tingkat kepercayan diri dengan kemampuan komunikasi dalam metode pembelajran Problem Based Learning pada mahasiswa tahun kedua program studi kedokteran universitas tadulako.
Kata Kunci: Kepercayaan diri, Kemampuan komunikasi, Problem Based Learning
xv
ABSTRACT
Background: At this time a doctor shall have various skills to communicate well with their patients. Based on SKDI there are 7 competence areas which the Indonesian doctors shall have. They are: ideal professionalism, self correction and self development, effective communication, information management, evidence based medicine, clinical skills, and management in health problems. Based on it, as recognized a doctor is required to have an effective communication skill. Self confidence also has close relationship with someone’s ability to communicate. In medical education, which using PBL as its learning method self confidence is required for each individual.
Objective: The objective from this research was to understand the correlation between self confidence with communication skill in problem based learning method at second year medical student in tadulako university medical study program.
Method: The research design used was observational analytic with cross sectional approach. The sample collection technique was total sampling consisted of 55 second year medical student.
Result: Based on the 55 observed sample, consist of 16 male respondent and 39 female respondent. The statistic test result using gamma, obtain the p value = 0,372.
Conclussion: There is no correlation between self confidence with communication skill in problem based learning method at second year medical student tadulako university medical study program.
Keywords: Self confidence, communication skill, problem based learning


Ketersediaan

SKD2017439N 101 13 059 JUR hMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 13 059 JUR h
Penerbit PSPD : Palu.,
Deskripsi Fisik
xv , 35 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xv , 35 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this