No image available for this title

Skripsi Kedokteran

UJI EFEKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN SALAM (Eugenia polyantha Wight) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Escherichia coli



ABSTRAK
Latar Belakang: Escherichia coli (E. coli) merupakan bakteri gram negatif dan bersifat heterotrof. Manifestasi klinik infeksi Escherichia coli sangat bergantung pada lokasi terjadinya infeksi, dan salah satunya adalah diare. Salah satu jenis tanaman yang biasa digunakan masyarakat untuk obat yaitu daun salam (Eugenia polyantha Wight) karena daun salam mengandung sejumlah minyak atsiri, tanin, dan flavonoid yang memiliki efek antibakteri. Oleh karena itu maka perlu melakukan penelitian guna mengetahui apakah ekstrak daun salam (Eugenia polyantha Wight) mempunyai efek antibakteri terhadap pertumbuhan Escherichia coli, sehingga ekstrak daun salam bisa menjadi salah satu pilihan untuk pengobatan alternatif.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas antibakteri ekstrak daun salam (Eugenia polyantha Wight) terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan post test only control group design. Jumlah sampel sebanyak 30 yang terdiri dari 6 kelompok perlakuan dengan 5 kali pengulangan. Indikator penilaian uji efektivitas antibakteri dengan mengamati diameter zona hambat yang terbentuk setelah pemberian ekstrak daun salam pada cawan yang berisi koloni bakteri Escherchia coli.
Hasil: Diameter zona hambat ekstrak daun salam (Eugenia polyantha Wight) yang terbentuk pada konsentrasi 100% memiliki rerata zona hambat (18,32 mm), konsentrasi 75% (15,64 mm), 50% (13,78 mm), dan 25% (11,42 mm), sedangkan kontrol negatif yang digunakan menunjukkan tidak adanya hambatan terhadap masing-masing replikasi. Berdasarkan analisis statistik uji post hoc, konsentrasi ekstrak daun salam (Eugenia polyantha Wight) yang paling efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli adalah konsentrasi 100%.
Kesimpulan: Pada eksperimen ekstrak daun salam (Eugenia polyantha Wight) menunjukkan bahwa dengan meningkatkan konsentrasi ekstrak, maka semakin besar efektivitas ekstrak daun salam dalam menekan pertumbuhan koloni bakteri Escherichia coli.
Kata Kunci: Ekstrak Daun Salam, Eugenia polyantha Wight, Antibakteri, Escherichia coli.


Ketersediaan

SKD2017460N 101 13 036 MUK uMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 13 036 MUK u
Penerbit PSPD : Palu.,
Deskripsi Fisik
xviii , 48 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xviii , 48 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this