No image available for this title

Skripsi kedokteran

IDENTIFIKASI BAKTERI UDARA DI RUANG IGD ( INSTALASI GAWAT DARURAT ) UMUM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH UNDATA PALU TAHUN 2016



ABSTRAK

Latar Belakang : Infeksi nosokomial hingga saat ini masih merupakan masalah perawatan kesehatan dirumah sakit seluruh dunia. Masalah yang ditimbulkan dapat memperberat penyakit yang ada, bahkan dapat menyebabkan kematian. Infeski nosokomial merupakan penyebab utama tingginya angka kesakitan dan kematian di dunia. Infeksi nosokomial adalah infeksi yang terjadi dirumah sakit dan menyerang penderita yang sedang dalam proses perawatan. Infeksi dapat terjadi karena adanya transmisi mikroba patogen yang bersumber dari lingkungan rumah sakit dan perangkatnya.
Tujuan Penelitian : Untuk mengidentifikasi bakteri melalui udara yang terdapat pada ruang IGD ( Instalasi Gawat darurat ) umum Rumah Sakit Umum Daerah UNDATA Palu Tahun 2016.
Metode Penelitian : Jenis yang dipakai adalah jenis penelitian kuantitatif dengan studi observasional deskriptif. Dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara probability sampling dengan cara simple random sampling. Didapatkan 16 sampel dari kultur media di IGD RSUD UNDATA Palu tahun 2016. Identifikasi bakteri dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.
Hasil Penelitian : Dari 16 sampel yang diambil semua mengalami pertumbuhan bakteri. dari 16 sampel yang telah didapatkan kemudian dilanjutkan dengan uji biokimia dengan hasil identifikasi bakteri yakni 6 sampel untuk Proteus Sp, 4 sampel untuk Staphylococcus Aureus, 2 sampel untuk Alcaligenes faecalis, 2 sampel untuk Micrococcus Varians, 2 sampel untuk Streptococcus Sp.
Kesimpulan : Bakteri udara yang paling banyak ditemukan diruang IGD RSUD Undata Palu adalah bakteri Proteus Sp.


Kata Kunci : Identifikasi, bakteri udara, infeksi nosokomial, ruang igd.


Ketersediaan

SKD2017514N 101 12 099 AYU iMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 12 099 AYU i
Penerbit PSPD : Palu.,
Deskripsi Fisik
xvi , 40 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xvi , 40 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this