No image available for this title

Skripsi Kedokteran

Perbandingan denyut jantung dan frekuensi napas antara pemberian minuman beroksigen dan plasebo selama latihan fisik pada siswa laki-laki diSMA Negeri 1 Palu



ABSTRAK




Latar Belakang : Dalam dunia olahraga, minuman beroksigen dipercaya dapat meningkatkan stamina maupun kebugaran tubuh. Dalam melakukan aktifitas fisik, tubuh melakukan suatu metode adaptasi yakni meningkatkan denyut jantung dan frekuensi napas sebagai proses pemenuhan kebutuhan oksigen yang meningkat pada jaringan, dalam hal ini adalah otot. Minuman beroksigen yang dimaksudkan memiliki kandungan oksigen yang lebih banyak dibandingkan dengan air mineral biasa, sehingga dengan adanya kandungan oksigen yang lebih banyak tadi, sehingga tubuh tidak terlalu bekerja keras untuk meningkatkan frekuensi napas dan denyut jantung sebagai pemenuhan kebutuhan oksigen jaringan.
Tujuan : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh minuman beroksigen terhadap perubahan denyut jantung dan frekuensi napas pada siswa SMA (usia 15-18 tahun) yang melakukan latihan fisik.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan metode Randomize Controlled Double Blind Parallel Design atau penelitian eksperimental acak tersamar ganda. Penelitian ini menggunakan 40 sampel, yakni 20 sampel diberi minuman beroksigen dan 20 sampel diberi placebo atau air mineral biasa (aqua®). Latihan fisik dilakukan sampel dengan melakukan Step Test atau Harvard Test.Uji statistic menggunakan independent t test dengan bantuan perangkat lunak SPSS.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan antara siswa yang diberikan minuman beroksigen dengan siswa yang diberikan plasebo baik dari denyut jantung (p = 0.487 dan perbedaan rata-rata = 2.55) dan frekuensi napas ( p = 0.495 dan perbedaan rata-rata = 1,9).

Kata Kunci : Minuman beroksigen, denyut jantung, frekuensi napas, Tes Bangku Harvard.


Ketersediaan

SKD1300021616.12 FIT pMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.12 FIT p
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xiv,39hlm;29cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616.12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xiv,39hlm;29cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this