No image available for this title

Skripsi Kesmas

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJADI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BULILI KOTA PALU



ABSTRAK
Nurhidayah, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu Bekerja di Wilayah Kerja Puskesmas Bulili Kota Palu (di bawah bimbingan Nurhaya S. Patui, S.KM., M.PH)

Peminatan Biostatistik, KB dan Kependudukan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako

Cakupan ASI Eksklusif tiga tahun terakhir di Wilayah Kerja Puskesmas Bulili Kota Palu menunjukkan penurunan secara berurut tahun 2019 menurun menjadi 57,83% di tahun 2020 47,59%, dan pada tahun 2021 semakin menurun menjadi 22,90%. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian ASI Eksklusif pada ibu bekerja di Wilayah Kerja Puskesmas Bulili. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Bulili Pada bulan Juni sampai Juli tahun 2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang bekerja yang memiliki bayi 6-24 bulan dengan total populasi sebanyak 105 orang dan sampel 103 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan dukungan suami (p value = 0,003) dengan pemberian ASI Eksklusif diWilayah Kerja Puskesmas Bulili Kota Palu. Sedangkan tidak ada hubungan pengetahuan ibu (p value = 0,217), durasi ibu bekerja (p value = 0,133), dukungan petugas kesehatan (p value = 0,587) dengan pemberian ASI Ekslusif di Wilayah Kerja Puskesmas Bulili Kota Palu. Suami berperan penting dalam pemberian ASI Eksklusif, oleh sebab itu suami harus dijadikan sasaran penyuluhan ASI dan didorong untuk lebih aktif mencari informasi serta aktif belajar mengenai ASI, sehingga lebih paham dalam memberikan dukungan kepada ibu untuk menyusui secara Eksklusif.

Kata Kunci: ASI Eksklusif, Dukungan Suami


Ketersediaan

S-P10119265614 NUR f Skripsi 2022My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
614 NUR f Skripsi 2022
Penerbit Studi Kesehatan Masyarakat : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xvii, 104 hlm,: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
614
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this