No image available for this title

Skripsi Gizi

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KONSUMSI MAKANAN JAJANAN SISWA DI SDN INTI TONDO



ABSTRAK

RAHMI WATI, Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Konsumsi Makanan Jajanan Siswa di SDN Inti Tondo (dibimbing oleh Devi Nadila, S.KM.,M.Kes).
Perilaku konsumsi makanan jajanan yang tidak baik dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk masalah gizi. Beberapa faktor yang memengaruhi perilaku konsumsi makanan jajanan yaitu pengetahuan, teman sebaya, kebiasan membawa bekal, kebiasaan sarapan dan besaran uang jajan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan, teman sebaya, kebisaan membawa bekal dan kebiasaan sarapan dengan perilaku konsumsi makanan jajanan siswa di SDN Inti Tondo. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 117 orang. Variabel dalam penelitian ini antara lain pengetahuan, teman sebaya, kebiasaan membawa bekal, kebiasaan sarapan dan perilaku konsumsi makanan jajanan. Data pengetahuan, teman sebaya, kebiasaan membawa bekal dan kebiasaan sarapan diperoleh dengan pengisian kuesioner, data perilaku konsumsi makanan jajanan diperoleh dengan pengisian Kuesioner Semi Quantitative-Food Frequency (SQ-FFQ). Hasil analisis data menggunakan Chi Square menunjukkan bahwa tidak ada hubungan pengetahuan (p=0,064) dengan perilaku konsumsi makanan jajanan, ada hubungan bermakna antara teman sebaya (p=0,004), kebiasaan membawa bekal (p=0,021) dan kebiasaan sarapan (p=0,028) dengan perilaku konsumsi makanan jajanan. Sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang tidak baik, ada pengaruh teman sebaya, tidak membawa bekal, tidak biasa sarapan pagi dan perilaku konsumsi makanan jajanan yang tidak baik.

Kata Kunci : Pengetahuan, Teman Sebaya, Kebiasaan Membawa Bekal, Kebiasaan Sarapan dan Perilaku Konsumsi Makanan Jajanan.


Ketersediaan

S- P21119089614 WAT f Skripsi 2023My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
614 WAT f Skripsi 2023
Penerbit Studi Kesehatan Masyarakat : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xii, 69 hlm,: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
614
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this