No image available for this title

Buku Teks

ANALISIS RISIKO PAPARAN PESTISIDA PADA PETANI DI DESA KOLONO KECAMATAN BUNGKU TIMUR KABUPATEN MOROWALI



ABSTRAK



FADILLAH. Analisis Risiko Paparan Pestisida pada Petani di Desa Kolono Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali (di bawah bimbingan Pitriani, S.KM., M.Kes.)

Peminatan Kesehatan Lingkungan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Palu

Pemakaian pestisida yang tidak tepat dapat membahayakan kesehatan petani dan konsumen, mikroorganisme non target serta berdampak pada pencemaran lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memberikan gambaran terkait risiko paparan pestisida di Desa Kolono Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan (ARKL). Populasi pada penelitian ini adalah semua petani yaitu 103 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah responden sebanyak 82 orang petani. Pengelolaan data menggunakan analisis univariat dan analisis risiko dengan mengacu pada matriks analisis risiko kualitatif (level risiko) AS/NZS 4360:2004. Berdasarkan hasil penelitian diketahui proses penggunaan pestisida ditemukan 6 (enam) risiko dalam kategori H (High), antara lain pada peralatan yang kurang bersih, saat mengaduk serta mencampur pestisida, saat menyemprot melawan arah angin, tidak menggunakan kacamata dan masker, risiko akibat tumpahan pestisda, dan saat petani mencuci peralatan penyemprotan bekas pestisida, serta 1 (satu) risiko dalam kategori M (Medium) yaitu pada proses penyimpanan peralatan baik didalam maupun diluar rumah. Terdapat 5 (lima) gangguan kesehatan serta gejala keracunan yang telah dirasakan petani dalam proses penggunaan pestisida tersebut yaitu sakit kepala 63.4%; pusing 61.0%, rasa terbakar 59.8%, bercak merah/putih dikulit 54.9%; serta mual 51.2%. Adapun bahaya yang masuk dalam kategori tinggi harus lebih diperhatikan seperti pada saat melakukan penyemprotan untuk lebih mengurangi lamanya waktu penyemprotan, tidak menyemprot melawan arah angin dan diharapkan selalu menggunakan alat pelindung diri yang lengkap terutama sarung tangan dan masker untuk terhidar dari kontak langsung dengan pestisida.
Kata Kunci: ARKL, Matriks Risiko, Pestisida, Petani, Risiko


Ketersediaan

S-P10119134614 FAD a Skripsi 2023My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
614 FAD a Skripsi 2023
Penerbit Studi Kesehatan Masyarakat : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xix, 68 hlm,: ilu.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
614
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this