No image available for this title

Skripsi Kesmas

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN UNMET NEED KB PADA WANITA USIA SUBUR DI KELURAHAN VALANGGUNI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TALISE PALU



ABSTRAK

TITIN SOFIA RIZKY TRIANTI. Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Unmeet need KB Pada Wanita Usia Subur di Kelurahan Valangguni Wilayah Kerja Puskesmas Talise Palu (dibawah bimbingan Nurhaya S.Patui).

Peminatan Biostatistik KB & Kependudukan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako Palu
Skripsi, Juni, 2023

Data Unmeet need mengalami peningkatan tiap tahunnya, dimana tahun 2015 (14,4% ), 2016 (15,6), 2017 (16,6%), 2021 (23%). Angka kebutuhan KB yang tidak terpenuhi masih tinggi yaitu sebesar (13,1%) lebih tinggi dari rata-rata nasional yaitu (10,6%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kejadian unmet need KB Pada Wanita Usia Subur di Kelurahan Valangguni Puskesmas Talise Kota Palu, Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis studi pendekatan Survei Analitik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 360 orang, dengan menggunakan rumus Slovin didapatkan sampel sebanyak 78 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Analisis yang digunakan yaitu uji Chi-square dengan nilai p -0,05%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara variabel umur (p value 0,001), pendidikan (p value = 0,033), pengetahuan (p value 0,009), dukungan suami (p value 0,002) Akses pelayanan (p value=0,014) terhadap unmet need KB pada Wanita Usia Subur di Kelurahan Valangguni Puskesmas Talise. Saran penelitian bagi petugas kesehatan memberikan informasi tentang metode kontrasepsi mengenai cara pakai, kegunaan, kelebihan dan kekurangan ataupun efek samping dari setiap alat kontrasepsi, serta memberi pengetahuan pentingnya menggunakan KB bagi WUS.

Kata Kunci: Unmed Need, Umur, Pendidikan, Pengetahuan, Dukungan Suami, Akses Pelayanan.


Ketersediaan

S- N20116227614 RIZ f Skripsi 2023My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
614 RIZ f Skripsi 2023
Penerbit Studi Kesehatan Masyarakat : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xvii, 97 hlm,: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
614
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this