No image available for this title

Skripsi Kesmas

FAKTOR RISIKO LINGKUNGAN DAN PERILAKU MASYARAKAT DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TALISE



ABSTRAK
EVAHARSITA NEKE. Faktor Risiko Lingkungan Dan Perilaku Masyarakat Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (Dbd) Di Wilayah Kerja Puskesmas Talise. (Di bawah bimbingan Muhammad Jusman Rau, S.KM., M.kes).

Peminatan Epidemiologi
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako
Skripsi, Palu 2023

Demam Berdarah Dengue masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Berdasarkan Laporan Dinas Kesehatan Kota Palu pada tahun 2022 mengalami peningkatan/penambahan kasus sebesar 640 kasus. Puskesmas Talise merupakan salah satu puskesmas dari tiga belas puskesmmas yang ada di Kota Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko lingkungan dan perilaku masyarakat dengan kejadian demam berdarah dengue di wilayah kerja puskesmas Talise. Jenis penelitian ini adalah “analitik observasional”. Rancangan penelitian ini adalah kasus control . Populasi dalam penelitian ini yaitu penderita DBD yaitu berjumlah 95 orang dan yang bukan penderita DBD ,dengan menggunakan rumus slovin di dapatkan sampel sebayak 77orang. Dimana jumlah kasus dan kontrol 1:1 yang artinya sampel kasus sebanyak 77 sampel dan sampel kontrol sebanyak 77 sampel. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara Random Sampling dan sampel yang diperoleh disebut sampel random. Analisis yang di gunakan yaitu uji Chi-square dengan rumus Odd Ratio dengan nilai Confidence interval (CI) = 95%. Hasil penelitian ini menunjukan Lingkungan Fisik yang kurang baik berisiko 2,462 kali lebih tinggi, pengetahuan yang kurang beresiko 2,272 kali lebih tinggi, sikap yang kurang baik berisiko 2,541 kali lebih tinggi, dan tindakan yang kurang baik 2,306 kali lebih tinggi terjadi untuk kasus demam berdarah dengue.


Kata Kunci : DBD, Lingkungan Fisik, Pengetahuan, Sikap, Tindakan.


Ketersediaan

S-N20116063614 NEK f Skripsi 2023My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
614 NEK f Skripsi 2023
Penerbit Studi Kesehatan Masyarakat : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xxi, 89 hlm,: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
614
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this