No image available for this title

Skripsi Kesmas

RISIKO HYGIENE DAN SANITASI LINGKUNGAN TERHADAP KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MAMBORO KELURAHAN TAIPA



ABSTRAK

MONICA TRI YUDANA PUTRI. Risiko Hygiene dan Sanitasi Lingkungan Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Mamboro Kelurahan Taipa (di bawah bimbingan Muh Jusman Rau)


Peminatan Epidemiologi
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako
Skripsi, Juni, 2023

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada (bayi di bawah lima tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Tujuan untuk menganalisis risiko hygiene dan sanitasi lingkungan terhadap kejadian stunting pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Mamboro Kelurahan Taipa. Kasus tertinggi terjadi di wilayah kerja Puskesmas Mamboro sebanyak 220 kasus (19,8%). Jumlah sampel sebesar 52 responden jadi besar sampel secara keseluruhan adalah 104 sampel dikelurahan Taipa. Teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian case control. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, Hasil penelitian menunjukkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun berisiko terhadap Stunting, Hasil uji Chi-square diperoleh Odd Ratio (OR) dengan Confidence Interval (CI) 95% yaitu OR = 2,462 (1,093 - 5,544) perilaku cuci tangan yang tidak baik seperti setelah BAB dan melakukan alktivitas lainnya beresiko menimbulkan stunting. Pengetahuan Ibu berisiko terhadap Stunting Hasil uji Chi-square diperoleh (OR) dengan (CI) 95% yaitu OR = 2,272 (1,053-4,903) semakin baik pengetahuan Gizi ibu maka semakin minim balita menderita stunting. Sumber Air bersih yang digunakan berisiko terhadap stunting Hasil uji Chi-square diperoleh (OR) dengan (CI) 95% yaitu OR = 2,541 (1,106-6,081). Ketersediaan Jamban yang tidak bersih berisiko terhadap Stunting Hasil uji Chi-square diperoleh (OR) dengan (CI) 95% yaitu OR =2,306 (1,060-5,017). penggunaan jamban yang tidak bersih maka risiko terhadap stunting semakin besar.


Kata Kunci: Stunting, CTPS, Pengetahuan Gizi Ibu, Sumber Air Bersih, Jamban


Ketersediaan

S-N20116168614 YUD r Skripsi 2023My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
614 YUD r Skripsi 2023
Penerbit Studi Kesehatan Masyarakat : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xx, 102 hlm,: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
614
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this