No image available for this title

Buku Teks

Efektivitas Penggunaan Manekin Medulla Spinalis Berbahan Sederhana Terhadap Nilai Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako.



Efektivitas Penggunaan Manekin Medulla Spinalis Berbahan Sederhana Terhadap Nilai Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
Wayan Yusnardy *, Muhammad Ardi Munir**, Sarifuddin**, Amirah Basry**
*Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
** Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

ABSTRAK
Latar Belakang: Anatomi merupakan ilmu yang mempelajari struktur tubuh dengan cara menguraikan tubuh menjadi beberapa bagian yang paling kecil. Sistem saraf merupakan salah satu materi dalam pembelajaran anatomi. Pada saat ini telah tersedia berbagai macam media pembelajaran anatomi, Media pembelajaran yang pertama kali digunakan adalah kadaver dengan proses diseksi maupun proseksi. Seiring majunya teknologi saat ini telah tersedia berbagai model pembelajaran anatomi seperti penggunaan manekin. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas penggunaan manekin medulla spinalis berbahan sederhana terhadap nilai anatomi mahasiswa fakultas kedokteran universitas tadulako.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan desain non-equivalent Control Group Design. Jumlah sampel sebanyak 64 mahasiswa, terbagi menjadi kelompok kontrol (manekin medulla spinalis standar laboratorium) dan kelompok eksperimen (manekin medulla spinalis berbahan sederhana). Data yang dikumpulkan berupa data primer, yaitu data nilai Pre-test dan nilai Post-test. Data yang didapatkan kemudian dilakukan uji normalitas menggunakan uji Kolmogrov-smirnov, selanjutnya dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann whitney.

Hasil: Berdasarkan uji statistik terdapat peningkatan rata-rata nilai pre-test ke nilai post-test pada kelompok kontrol yaitu 10,63 ke 49,69 dan kelompok eksperimen yaitu 9,69 ke 53,91 dengan nilai P(0.050).

Kesimpulan: Penggunaan manekin medulla spinalis efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Kata Kunci: Anatomi, Hasil Belajar, Manekin Medulla Spinalis


Ketersediaan

S-N10120159610 YUS e Skripsi 2023My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 YUS e Skripsi 2023
Penerbit Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xiv, 59 hlm.: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this