No image available for this title

Buku Teks

Perbandingan Tingkat Prokrastinasi Akademik Terhadap Status Tempat Tinggal Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako.



PERBANDINGAN TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP STATUS TEMPAT TINGGAL MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO

Sylvia Tamara Siburian*, Muhammad Ardi Munir**, Christin Rony Nayoan***, Ryka Marina Walanda****
*Mahasiswa Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
**Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
***Departemen Farmakologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
**** Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
ABSTRAK
Latar Belakang : Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda-nunda pengerjaan tugas pada lingkungan akademik yang memberikan banyak dampak negatif bagi mahasiswa yang sering melakukannya. Tinggi rendahnya prokrastinasi akademik dapat terjadi karena faktor lingkungan yaitu status tempat tinggal dan pengawasan dari orangtua. Prokrastinasi akademik turut dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako yang tinggal di kos/ kontrakan dan mahasiswa yang tinggal bersama orangtua/ wali.
Tujuan : Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat prokrastinasi akademik terhadap status tempat tinggal di kalangan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako.
Metode :Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik komparatif dengan kategorik tidak berpasangan. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan alat ukur berupa kuesioner.
Hasil : Hasil uji bivariat menggunakan uji Independent T-Test didapatkan nilai rata-rata (mean rank) pada kelompok mahasiswa yang tinggal bersama orangtua/wali adalah 68,71 dan kelompok mahasiswa yang tinggal di kos/kontrakan adalah 82,59. Pada uji didapatkan nilai p= 0,000.
Kesimpulan : Terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat prokrastinasi akademik terhadap status tempat tinggal mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako tahun angkatan 2022. Nilai rata-rata tingkat prokrastinasi akademik tertinggi diperoleh oleh kelompok mahasiswa yang tinggal di kos/kontrakan
Kata Kunci : Kos, Mahasiswa, Prokrastinasi Akademik, Status Tempat Tinggal


Ketersediaan

S-N10120101My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 SIB p Skripsi 2023
Penerbit Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xiv, 59 hlm.: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this