No image available for this title

Buku Teks

Hubungan Aktivitas Fisik Sehari-hari Terhadap Derajat Hipertensi Pada Lanjut Usia Diwilayah Kerja Puskesmas Birobuli Kota Palu.



HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK SEHARI-HARI TERHADAP DERAJAT HIPERTENSI PADA LANJUT USIA DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS BIROBULI KOTA PALU

Atira Hamzah*., Yuli Fitriana**., Vera Diana Towidjojo***., Rahma Badaruddin****., Moh. Zainul Ramadhan****

*Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
** Departemen Histologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
***Departemen Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
****Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako

ABSTRAK

Latar Belakang: Aktivitas fisik adalah gerakan tubuh yang dihasilkan otot rangka dan memerlukan pengeluaran energi. Aktivitas fisik dipengaruhi oleh usia, semakin bertambahnya usia maka tingkat kekuatan seseorang dalam melakukan aktivitas fisik semakin berkurang. Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu faktor risiko terjadinya hipertensi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik sehari-hari terhadap derajat hipertensi pada lanjut usia diwilayah kerja Puskesmas Birobuli Kota Palu.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik desain case control dengan subjek penelitian sebanyak 40 orang kelompok kasus dan 40 orang kelompok kontrol. Subjek penelitian telah diberi informed consent dan ikut secara sukarela. Data tingkat aktivitas fisik dan hipertensi diukur menggunakan kuesioner Physical Activity Scale For Elderly (PASE) dan pengukuran tekanan darah yang dilakukan pada bulan Agustus 2023. Hasil data kemudian di olah dan di uji statistik menggunakan uji Korelasi Spearman Rank.
Hasil: Hasil uji Korelasi Spearman Rank didapatkan nilai signifikasi sebesar 0,000 (p-value < 0,05) dan menunjukan korelasi negatif (r) (-0,830) yang menandakan terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik terhadap derajat hipertensi.
Kesimpulan: Terdapat hubungan aktivitas fisik sehari-hari terhadap derajaT hipertensi pada lanjut usia diwilayah kerja Puskesmas Birobuli Kota Palu.
Kata Kunci: Aktivitas Fisik, Hipertensi, Physical Activity Scale for Elderly (PASE)


Ketersediaan

S-N10120044610 HAM h Skripsi 2023My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 HAM h Skripsi 2023
Penerbit Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xxi, 91 hlm.: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this