No image available for this title

Buku Teks

Uji Efektivitas Masker Wajah Peel-off Ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera Lam) Konsentrasi 15% Terhadap Pigmentasi Kulit Wajah.



UJI EFEKTIVITAS MASKER WAJAH PEEL-OFF EKSTRAK DAUN KELOR (Moringa oleifera Lam) KONSENTRASI 15% TERHADAP PIGMENTASI KULIT WAJAH
Aldina Safira*., Asrawati Sofyan**.
* Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
**Departemen Farmakologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako
ABSTRAK
Latar Belakang : Warna kulit yang tidak merata disebabkan oleh jumlah pigmen melanin yang tidak terkontrol pada kulit. Kondisi ini dipengaruhi oleh faktor internal seperti ketidakstabilan hormon, penyakit penyerta dan usia, sedangkan faktor eksternal dapat terjadi karena paparan sinar ultraviolet (UV) yang meningkat sehingga warna kulit tampak lebih gelap bahkan muncul bercak kecoklatan di area kulit sekitarnya atau biasa disebut dengan hiperpigmentasi, maka dalam menghadapi masalah tersebut diperlukan perawatan kulit wajah misalnya dengan menggunakan masker wajah. Produk masker wajah berbahan alami memiliki sifat organis dan dengan baik dapat diterima oleh tubuh, sehingga efek samping yang muncul relatif lebih kecil. Daun kelor (Moringa Oleiferam Lam) mengandung antioksidan yang cukup tinggi khususnya senyawa flavonoid dan vitamin C yang dapat membantu merawat kulit wajah dengan mengendalikan radikal bebas dan memperbaiki kadar pigmentasi kulit wajah.
Tujuan : Mengetahui efektivitas masker wajah peel-off ekstrak daun kelor (Moringa oleifera Lam) konsentrasi 15% terhadap pigmentasi kulit wajah.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian Quasi-Eksperimental rancangan penelitian pre-post test design dengan metode double blind. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 42 responden yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok kontrol positif, kelompok kontrol negatif, dan kelompok perlakuan. Instrument yang digunakan yaitu Skin Analyzer dan aplikasi statistik dengan analisis statistik yang digunakan adalah uji Repeated Measures ANOVA.
Hasil : Hasil uji Repeated measure ANOVA didapatkan p value sebesar 0,948 (p>0,05) yang menunjukan tidak adanya pengaruh signifikan, sedangkan berdasarkan perbandingan tiap minggu nilai p value didapatkan pada minggu 0 ke minggu 2 senilai 0,725 minggu 2 ke minggu 4 senilai 0,766 dan minggu 0 ke minggu 4 senilai 1,000. Hasil dari uji statistika tersebut ditemukan tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada minggu 0 ke minggu 2, minggu 2 ke minggu 4, dan minggu 0 ke minggu 4.
Kesimpulan : Masker wajah peel-off ekstrak daun kelor (Moringa oleifera Lam) konsenstrasi 15% secara analisis statistika, menunjukkan tidak adanya perubahan signifikan ataupun efektivitas yang bermakna terhadap pigmentasi kulit wajah dari minggu 0 ke minggu 2, minggu 2 ke minggu 4, dan minggu 0 ke minggu 4.
Kata Kunci: Daun Kelor, Masker Wajah Peel Off, Pigmentasi Kulit Wajah, Skin Analyzer


Ketersediaan

S-N10120111610 SAF u Skripsi 2024My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
610 SAF u Skripsi 2024
Penerbit Studi Pendidikan Dokter : Fakultas Kedokteran Untad.,
Deskripsi Fisik
xv, 77 hlm.: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this