No image available for this title

Skripsi Kesmas

PERILAKU PENCARIAN PENGOBATAN PENYAKIT SCHISTOSOMIASIS PADA MASYARAKAT DI DESA DODOLO LEMBAH NAPU KECAMATAN LORE UTARA KABUPATEN POSO



ABSTRAK
GALANG MOHAMMED ALLBROCKSIA ELO DEWATA. Perilaku Pencarian Pengobatan Penyakit Schistosomiasis Di Desa Dodolo Lembah Napu Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso (di bawah bimbingan Herman Kurniawan dan Abd. Rahman).


Peminatan Promosi Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Universitas Tadulako
Skripsi, April 2016


Schistosomiasis adalah penyakit zoonosis yang disebabkan oleh spesies cacing Schistosoma japonicum, salah satu cacing Trematoda yang tinggal dalam pembuluh darah vena yang merupakan salah satu penyakit tertua dan penting di dunia selain malaria. Menurut laporan WHO tahun 2001, Schistosomiasis telah menginfeksi 200 juta orang yang terdapat di 74 negara dan 600 juta orang berisiko terinfeksi, dimana setiap tahunnya 11.000 orang meninggal dunia akibat penyakit ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perilaku masyarakat Desa Dodolo Lembah Napu Kabupaten Poso terhadap pencarian pengobatan penyakit Schistosomiasis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jumlah informan terdiri dari informan kunci 3 orang, informan biasa 5 orang dan informan tambahan 1 orang. Pengobatan yang dilakukan yaitu mencari pengobatan tradisional, mencari pengobatan dengan membeli obat di warung dan pengobatan modern. Hasil penelitian yaitu data dan informasi yang didapatkan sudah jelas, koordinasi antara kepala Laboratorium, kepala Puskesmas Napu dan petugas kesehatan beserta kader cukup baik, pengadaan fasilitas cukup memadai serta sumber daya yang masih kurang. Kebijakan dari pemerintah sudah baik, tetapi masih ada kendala baik lintas sektor maupun lintas program. Diharapkan para petugas Laboratorium, kader serta pelaksana kesehatan lainnya agar sering melakukan penyuluhan kesehatan terkait permasalahan masyarakat di Desa Dodolo. Bagi masyarakat untuk terus aktif dalam proses pengumpulan tinja serta pemeriksaan tinja yang dilakukan oleh petugas Laboratorium Schistosomiasis.

Kata Kunci: Pengobatan, Penyakit Schistosomiasis


Ketersediaan

SKM20160147N 201 11 026 DEW pMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 201 11 026 DEW p
Penerbit KESMAS : Palu.,
Deskripsi Fisik
xviii , 78 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xviii , 78 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this