No image available for this title

Skripsi Kesmas

FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN PEMERIKSAAN KEHAMILAN DI PUSKESMAS TAWAELI KECAMATAN TAWAELI KOTA PALU



ABSTRAK

WINDA FITRIANA. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kunjungan Pemeriksaan Kehamilan di Puskesmas Tawaeli Kecamatan Tawaeli Kota Palu (DiBawah bimbingan Abd. Rahman dan Hermiyanti)

Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Universitas Tadulako
Skripsi, April 2016

Kunjungan pemeriksaan kehamilan merupakan salah satu bentuk perilaku seorang ibu dalam memeriksakan kehamilannya. Masalah kesehatan ibu dan perinatal merupakan masalah nasional yang perlu mendapat prioritas utama, karena sangat menentukan kualitas sumber daya manusia pada generasi mendatang. Angka kematian ibu dan anak masih tergolong tinggi yaitu mencapai 60-80%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kunjungan pemeriksaan kehamilan di Puskesmas Tawaeli Kecamatan Tawaeli Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel yang diteliti yaitu 76 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cara Accidental Sampling. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan (p = 0,000), status pekerjaan (p = 0,000), pengetahuan (p = 0,000), dan dukungan keluarga (p = 0,000), Berhubungan dengan kunjungan ibu hamil. Disarankan kepada petugas kesehatan agar lebih meningkatan peran dan dukungan dengan cara melakukan penyuluhan tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan, agar ibu hamil lebih rutin melakukan kunjungan pemeriksaan kehamilan yang lengkap.




Kata Kunci : Kunjungan Pemeriksaan Kehamilan, Tingkat Pendidikan, Status Pekerjaan, Pengetahuan, Dukungan Keluarga


Ketersediaan

SKM20160155N 201 11 040 FIT fMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 201 11 040 FIT f
Penerbit KESMAS : Palu.,
Deskripsi Fisik
xvi , 74 hlm ; 20 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xvi , 74 hlm ; 20 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this