No image available for this title

Skripsi Kedokteran

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keteraturan Minum Obat Penderita TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Kamonji tahun 2012



ABSTRAK




LatarBelakang : Tuberkulosis paru (TB paru) adalah suatu penyakit infeksi kronik yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Angka kesembuhan TB paru untuk Sulawesi Tengah tahun 2008 sebesar 80,71% dan kasus gagal sebesar 1,13%. Salah satu penyebab terjadinya kasus gagal adalah ketidakteraturan minum obat dari penderita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keteraturan minum obat penderita TB paru di wilayah kerja Puskesmas Kamonji tahun 2012.
Metode : Desain penelitian menggunakan cross sectional dengan jumlah subjek yang diteliti sebanyak 26 penderita dan metode pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling.
Hasil : Hasil penelitian menunjukan satu variable mempunyai hubungan bermakna pada tingkat kepercayaan 95% yaitu variable pengawas minumobat (PMO) dengan p=0,047 dan dua variable tidak mempunyai hubungan yaitu efek samping obat (ESO) p= 0,081dan jarak p=0,474.
Kesimpulan : Terdapat satu variabel yang mempunyai hubungan yang bermakna yaitu pengawas minum obat (PMO) dan dua variable tidak mempunyai hubungan yaitu efek samping obat (ESO) dan jarak rumah ke Puskesmas.



Kata kunci : ketidakteraturan, TB paru.


Ketersediaan

SKD1300022616.24 BAL fMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
616.24 BAL f
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
XV,52HLM;29CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
614.24
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
XV,52HLM;29CM
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this