No image available for this title

Skripsi Kedokteran

RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN INFEKSI SALURAN KEMIH YANG DI RAWAT INAP DI BANGSAL PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ANUTAPURA PALU TAHUN 2010



ABSTRAK



Latar Belakang: Infeksi saluran kemih merupakan infeksi bakteri pada saluran kemih, insiden dan prevalensinya di Indonesia tinggi. Antibiotik ialah kelompok obat untuk mengobati penyakit infeksi. Penggunaan antibiotik yang tidak rasional mempercepat agent mikroba penyebab infeksi menjadi resisten. Penelitian ini bertujuan mengetahui rasionalitas penggunaan antibiotik pada pasien infeksi saluran kemih pada bangsal penyakit dalam di RSUD Anutapura Palu tahun 2010.
Metode: Penelitian ini deskriptif dengan rancangan studi kasus. Pengamatan dilakukan dengan memperhatikan rekam medik pasien di bangsal penyakit dalam RSUD Anutapura tahun 2010. Analisis dilakukan deskriptif sesuai kriteria kerasionalan dengan membandingkan hasil penelitian dengan protap RSUD Anutapura serta Clinical Guidelines sesuai WHO.
Hasil: Total sampel rekam medik yang diteliti sebanyak 56 kasus meliputi: ketepatan indikasi sebesar 100%, ketepatan jenis antibiotik sebesar 5,4%, ketepatan pasien 100%, ketepatan dosis&frekuensi sebesar 60,7%. ketepatan rute pemberian sebesar 78,5%.
Simpulan: Penggunaan antibiotik pada pasien infeksi saluran kemih pada bangsal penyakit dalam di RSUD Anutapura Palu selama tahun 2010 belum rasional.



Kata Kunci: Rasionalitas penggunaan antibiotik, pasien infeksi saluran kemih


Ketersediaan

SKD1300053615.14 KUR rMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
615.14 KUR r
Penerbit : Sebastopol, CA.,
Deskripsi Fisik
XII,44HLM;29cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
615.14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
XII,44HLM;29cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this