No image available for this title

Skripsi Kedokteran

KECEMASAN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2010 YANG MENGERJAKAN TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FKIK UNTAD TAHUN 2014



ABSTRAK


LatarBelakang Kecemasan merupakan gejala normal pada manusia. Kecemasan mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, karena cenderung menghasilkan kebingungan dan distorsi persepsi. Distorsi tersebut dapat mengganggu belajar dengan menurunkan kemampuan memusatkan perhatian, daya ingat, dan kemampuan menghubungkan satu hal dengan yang lain.
Tujuan Untuk mengetahui kecemasan yang terjadi pada mahasiswa angkatan 2010 di PSPD FKIK Untad yang sedang megerjakan tugas akhir.
Metode penelitian Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan model deskriptif dilakukan pada tahun 2014 di lingkungan PSPD FKIK Universitas Tadulako. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling.
Hasil Penelitian Empat bagian yang diteliti,yakni : a). Latar belakang kecemasan. Kecemasan yang dinilai saat mengerjakaan tugas akhir ini dimulai saat mengumpulkan judul tugas akhir. Semua mahasiswa memiliki target awal dalam mengerjakan tugas akhir. Namun tidak semua mahasiswa dapat memenuhi target yang telah mereka buat; b). Dukungan sosial. Dukungan yang didapatkan oleh mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir tidak hanya datang dari teman maupun dosen pembimbing, dukungan sepenuhnya pun diberikan oleh orangtua; c). Gejala kecemasan. Gejala yang muncul ini datang dari awal saat selesai menyetorkan judul dan juga saat berhadapan dengan dosen pembimbing dan saat menunggu hasil revisi yang dikoreksi dosen pembimbing; d). Persepsi terhadap masalah yang dihadapi. Mahasiswa merasa terganggu dengan keadaan sekarang ini, dimana mahasiswa mengalami gangguan-gangguan baik secara fisik maupun psikologis.
Kesimpulan Hal-hal yang mempengaruhi kecemasan pada mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir adalah adanya faktor psikologik berupa frustasi, tekanan, dan tuntutan dan faktor lain berupa dukungan sosial. Gejala kecemasan yang timbul berupa sakit kepala, khawatir, mudah tersinggung, insomnia, gangguan konsentrasi dan daya ingat. Persepsi mahasiswa terhadap masalah yang dihadapi dalam mengerjakan tugas akhir dengan menjadikan kecemasan sebagai motivasi.




Kata kunci : Kecemasan, tugas akhir

xiv

ABSTRACT


Background . Anxiety is a normal phenomenon in humans. Anxiety affects learning outcomes for students, as it tends to cause confusion and distortion of perception. These distortions can disrupt learning by reducing the ability to concentrate, memory and the ability to connect one thing with another.
Destination . Knowing the anxiety that occurs in the students class of 2010 in PSPD FKIK UNTAD who are working on the final task.
Method. This research is a qualitative descriptive study using a model created in 2014 in the vicinity of the University Tadulako FKIK PSPD. The sampling technique used in this study was an intentional random sampling.
Results. Studied four sections, namely: a). Anxiety background. Anxiety was assessed in mengerjakaan this thesis begins to pick the final title. All students have an initial target of the final task. But not all students are able to meet the targets they have done; b). Social support. The support was obtained by students in the final task not only comes from a friend or supervisor, full support was given by the parents; c). Anxiety symptoms. Symptoms appear this coming from the beginning when finished depositing the title and also when it comes to the supervisor and is currently awaiting the results of the review to correct the supervisor; d). Perception of the problems encountered. Students upset with the current situation, where students experience disturbances, both physically and psychologically.
Conclusion. Things that affect anxiety that occurs in students working on the final project is the presence of psychological factors such as frustration, stress and demands and other factors, such as social support. The symptoms of anxiety are in the form of headaches, worry, irritability, insomnia, impaired concentration and memory. The students' perceptions of the problems encountered in the end so that the task of anxiety as motivation.


Keywords; anxiety, final task


Ketersediaan

N 101 10 009131 LIS kMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
131 LIS k
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
xiii , 48 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
131
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xiii , 48 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this