Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi Kesmas
ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENGUKURAN KINERJA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) UNDATA PALU
ABSTRAK
SARAH JASMIN RAMADHANI, Analisis Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu (di bawah bimbingan Arwan dan Muh. Ryman Napirah).
Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Universitas Tadulako
Skripsi, Juli 2014
RSUD Undata Palu merupakan rumah sakit yang berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Balanced scorecard digunakan sebagai pengukuran kinerja RSUD Undata Palu, karena balanced scorecard merupakan pengukuran kinerja yang komprehensif, yang tidak hanya pengukur perspektif keuangan. Balanced scorecard merupakan pengukuran kinerja yang mengukur empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan balanced scorecard sebagai tolak ukur pengukuran kinerja di RSUD Undata Palu. Sampel pada penelitian ini yaitu pasien rawat inap dan pasien rawat jalan RSUD Undata Palu, serta karyawan RSUD Undata Palu. Cara pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan rumus Stanley Lemeshow sedangkan metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 73 pasien rawat inap, 73 pasien rawat jalan dan 66 karyawan RSUD Undata Palu. Metode pengumpulan pada penelitian ini yaitu data primer (melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner) dan data sekunder (menganalisis data-data tertulis). Metode analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh pada tahun 2011 sampai 2013 pada perspektif keuangan dengan menggunakan metode value for money yaitu pada rasio ekonomi bersifat ekonomis, rasio efisiensi bersifat tidak efisien dan rasio efektivitas bersifat fluktuasi. Hasil analisis pada perspektif pelanggan dengan mengukur kepuasan pasien rawat inap dan rawat jalan yaitu cukup puas. Hasil analisis pada perspektif proses bisnis internal dengan mengukur jumlah kunjungan rata-rata pasien rawat jalan per hari yaitu fluktuasi dari tahun ke tahunnya, sedangkan hasil penelitian pembelajaran dan pertumbuhan dengan mengukur retensi karyawan dan kepuasan karyawan. Pada retensi karyawan yaitu mengalami penurunan tiap tahunnya dan kepuasan karyawan yaitu cukup puas. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu, pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced scorecard di RSUD Undata Palu cukup baik dengan skor 0,43
Kata Kunci : Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja
Ketersediaan
SKM2015033 | 362.1 RAM a | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
362.1 RAM a
|
Penerbit | : Palu., 2014 |
Deskripsi Fisik |
xvi , 83 hlm ; 29 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
362.1
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
xvi , 83 hlm ; 29 cm
|
Pernyataan Tanggungjawab |
SARAH JASMIN RAMADHANI N 201 10 029
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain