No image available for this title

Skripsi Kedokteran

SUMBER-SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MANDIRI MAHASISWA KEDOKTERAN TAHUN IV UNIVERSITAS TADULAKO




Lampiran 6. Surat Keterangan Selesai Penelitian
Lampiran 7. Dokumentasi Penelitian 
DAFTAR SINGKATAN

AECT : Association Comunication and Technology
SCL : Student Centered learning
SDL : Self Directed Learning
E-learning : Internet Learning
MEDLINE : Medical Literature archiving and retrieving systems online
BMJ :British Medical Journal
JAMA : Journal of American Association
MLDI : Mailing List Dokter Indonesia
CTL : Contextual Teaching and Learning
SPI : Strategi pembelajaran Inkuiri
SPBM : Sistem Pembelajaran berbasis masalah
E-book : Elektronik Book
SOP : Standar Operasional Prosedur


ABSTRAK

DIAN RICARIANTY. Sumber-sumber belajar dalam pembelajaran mandiri mahasiswa kedokteran tahun IV Universitas Tadulako. ( di bawah bimbingan Indah P. Kiay Demak dan Budi Tulaka )

Progran Studi Kedokteran
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Universitas Tadulako
Skripsi, Juni 2016


Penelitian ini adalah penelitian desktiptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui sumber-sumber belajar dalam pembelajaran mandiri mahasiswa tahun IV Universitas Tadulako. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan 1 informan kunci dan 12 informan biasa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara medalam (In-depth Interview). Untuk menganalisis data menggunakan teori Miles and Huberman melalui tiga langkah : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan ( konten analisis emik dan etik ). Hasi dari penelitian ini menunjukkan sumber-sumber belajar dalam pembelajaran mandiri yang digunakan mahasiswa kedokteran tahun IV Universitas Tadulako diantaranya, buku teks kedokteran, jurnal, internet, e-book, bahan kuliah, bertanya ke teman. Strategi mahasiswa dalam memperoleh sumber belajar yaitu dengan membeli buku kedokteran, meminjam buku baik itu di perpustakaan atau meminjam dengan rekannya, penggunaan internet, dan sharing dengan senior. Alasan pentingnya sumber belajar bagi mahasiswa kedokteran karena pemahaman medis yang dipelajari sekarang akan diaplikasikan ke pasien sehingga membutuhkan sumber-sumber belajar yang terpercaya selain itu dalam itu dalam jangka pendek, mahasiswa memanfaatkan sumber belajar untuk meningkatkan Indeks prestasi dan persiapan praktik klinik. Dengan demikian, Penggunaan sumber belajar dalam pembelajaran mandiri penting untuk diterapkan baik dari pemilihan sumber belajar yang relevan dengan pembelajaran, strategi memperoleh sumber belajar maupun memahami pentingnya sumber belajar dalam pembelajaran mandiri.


Kata kunci : Sumber, belajar, pembelajaran mandiri









ABSTRACT

DIAN RICARIANTY. Learning Resources in Self directed learning of Medical student IVth years Tadulako University . (Under the guidance of Indah P.Kiay Demak and Budi Tulaka)


Medical Student,
Faculty of Medicine and Health Science,
Tadulako University


This study is qualitative decriptive that aims to describe learning resources in self directed learning of medical student IVth years Tadulako University. This research is a qualitative descriptive study with 1 key informant and 12 usual informant. Methods of data collection using In-depth interview. To analyze data using Miles and Huberman’s theory had three steps : data reduction, analyze data and conclusions. The result of this study describe about learning resouces in self directed learning of medical student used are medical textbooks, journals, internet, e-book, lectures, ask a friend. Their strategiesto get learning resources are buy medical books, borrow book in the library or with their friends, Internet used, and sharing with seniors. An important reason learning resouces in self directed learning because medical students need reliable learning resources to get a good medical knowledge and they can applied to the patient. Beside that, medical student will take advantage to improve achievement and prepare clinical pratice. The conclusions is useful of learning resources in self directed learning important to applied not only get relevant learning resources, strategies to get them and also to know how important learning resouces in self directed learning (SDL).


Keywords: Resources, learning, SDL


Ketersediaan

SKD2016276N 101 12 032 AZI sMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 12 032 AZI s
Penerbit : Palu.,
Deskripsi Fisik
DIAN RICARIANTY AZIS N 101 12 032
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
DIAN RICARIANTY AZIS N 101 12 032
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this