Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi Kedokteran
HUBUNGAN LAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA INSTALASI RAWAT INAP BAGIAN PENYAKIT DALAM DI RSUD UNDATA PALU TAHUN 2017
ABSTRAK
Latar Belakang : Kepuasan pasien terhadap pelayanan adalah perbandingan antara persepsinya terhadap pelayanan yang diterima dengan harapannya sebelum mendapatkan pelayanan tersebut. Apabila harapannya terpenuhi, berarti pelayanannya tersebut telah memberikan suatu kualitas yang luar biasa dan akan menimbulkan kepuasan yang tinggi. Sebaliknya apabila harapannya itu tidak tercapai, maka diartikan kualitas pelayanan tidak memenuhi apa yang diharapkannya. Perawat memberikan pengaruh besar untuk menentukan kualitas pelayanan.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan layanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien pada instalasi rawat inap bagian penyakit dalam di RSUD Undata Palu.
Metode : Desain penelitian kuantitatif dengan metode survei analitik Cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 orang, dengan teknik Consecutive sampling. Analisa data hasil penelitian menggunakan Chi-square.
Hasil : Uji Statistik dengan uji Chi-square didapatkan bahwa nilai p= 0,000 menunjukkan terdapat hubungan layanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien pada instalasi rawat inap bagian penyakit dalam di RSUD Undata Palu.
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara Layanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Pada Instalasi Rawat Inap Bagian Penyakit Dalam di RSUD Undata Palu .
Kata Kunci: Layanan Keperawatan, Tingkat Kepuasan Pasien
xx
THE CORRELATION OF NURSING SERVICE WITH PATIENT SATOSFACTION LEVEL IN INTERNA DEPARTEMENT INPATIENT UNIT AT UNDATA GENERAL HOSPITAL PALU
Nabila Aulia Ramadhanty*, Muh.Ardi Munir**, Feny Nur Afny***
* Medical student, Faculty of Medicine and Health Sciences, Tadulako University
** Departement of Anatomy, Faculty of Medicine and Health Sciences, Tadulako University
*** Departement of Biochemistry, Faculty of Medicine and Health Sciences, Tadulako University
ABSTRAK
Background : Patient satisfaction toward service is a comparison between perception to the service they receive with their hope before obtaining the service. When their hope is fulfilled, it means the hospital service has given an outstanding quality and leads to a perfect satisfaction. The other way, if their hope is not achieved, it says that the service quality are not fulfilling what they expect. The nurse give major contribution to determine the quality of service.
Objective : The objective of this research was to understand the correlation of nursing service with patient satisfaction level in interna department inpatient unit at undata general region hospital Palu.
Method : The research design used was was quantitative with Cross Sectional approach. The samples were 100, sampling technique used was Consecutive Sampling. Data result analysis used Chi Square.
Result : The statistic test with Chi Square obtain p value = 0,000 which shows that there is correlation of nursing service with patient satisfaction level in interna department inpatient unit at undata general region hospital Palu.
Conclussion: There is a correlation between nursing service with patient satisfaction level in interna department inpatient unit at undata general region hospital Palu.
Keywords: Nursing service, Patient satisfaction level
Ketersediaan
SKD2017418 | N 101 13 061 RAM h | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
N 101 13 061 RAM h
|
Penerbit | PSPD : Palu., 2017 |
Deskripsi Fisik |
xix , 56 hlm ; 29 cm
|
Bahasa | |
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
xix , 56 hlm ; 29 cm
|
Pernyataan Tanggungjawab |
NABILA AULIA RAMADHANTY N 101 13 061
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain