Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi Kedokteran
MANAJEMEN WAKTU BELAJAR MAHASISWA TAHUN KEEMPAT PROGRAM STUDI KEDOKTERAN DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI UNIVERSITAS TADULAKO
ABSTRAK
Latar Belakang : Proses Pembelajaran PBL melibatkan mahasiswa pada proses
belajar, mahasiswa dituntut untuk dapat belajar mandiri dalam berbagai aspek
kegiatan belajar, yang sangat efektif bagi mahasiswa tergantung bagaimana cara
mahasiswa dapat mengatur jadwal perkuliahan dan aktivitasnya sehari-hari.
Tujuan : Untuk mengetahui manajemen waktu belajar mahasiswa tahun keempat
program studi kedokteran dalam PBL di Universitas Tadulako.
Metode : Jenis Penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode Focus Group
Discussion. terdapat 1 informan kunci dan 26 informan biasa. Analisis data
dengan menggunakan teknik matriks dimana informasi diolah dalam tabel antara
lain : No, Nama informan, emik, etik, kesimpulan dan disajikan dalam bentuk
narasi deskriptif.
Hasil Penelitian : Manajemen waktu belajar mahasiswa Tahun Keempat Program
Studi Kedokteran dalam pelaksanaan PBL di universitas Tadulako cukup baik,
hal ini dipengaruhi oleh karena mahasiswa tersebut telah cukup lama mengikuti
kegiatan pembelajaran PBL, sehingga lebih siap mempersiapkan diri menghadapi
PBL.strategi mahasiswa dalam manajemen waktu belajar sebelum pelaksanaan
PBL adalah dengan melakukan diskusi dengan teman, mencari bahan satu hari
sebelum pelaksanaan PBL, fokus pada saat kuliah pakar dilaksanakan. Alasan
pentingnya manajemen waktu belajar dalam pelaksanaan PBL adalah mahasiswa
dapat mempelajari secara komperhensif kasus yang diberikan dan dapat belajar
cara bekerja sama menyelesaikan masalah, dapat berpikir kritis, dapat
meningkatkan kerjasamaa antar kelompok aktif mengidentifikasi dan
menyelesaikan masalah dalam diskusi.
Kesimpulan : Mahasiswa Kedokteran Tahun ke empat universitas tadulako
memiliki manajemen waktu belajar dalam pelaksanaan Problem based learning
/tutorial sudah cukup baik namun masih ada beberapa hal yang perlu di tingkatkan
dalam managemen waktu sehingga belajarnya dapat efektif dan efisien
Kata Kunci : PBL, Manajemen waktu, Belajar
xiv
TIME MANAGEMENT OF LEARNING ON FOURTH GRADE MEDICAL
STUDENTS IN PROBLEM BASED LEARNING AT TADULAKO
UNIVERSITY
Mauren Chesaria Wenno*, Indah Puspasari Kiay Demak**, Firman Hasan***
* Medical Student, Faculty Of Medicine and Health Science, Tadulako University
** Medical Education Unit, Faculty Of Medicine and Health Science,Tadulako University
*** Departement of Histology, Faculty Of Medicine and Health Science,Tadulako University
ABSTRACT
BACKGROUND : PBL learning process involves the student in its learning
process. The students are expected to do an independent learning in every aspect
of learning events, which is very effective to students depend on how they can
manage their own schedulue and their own activity.
OBJECTIVE: The objective of this research was to understand time management
of learning on fourth grade medical students in problem based learning at
tadulako university.
METHOD: This research was qualitative with focus group discussion method, it
has 1 key informant and 26 common informants. Data analysis used matrix
technique where the information was processed in table and they were: number,
informant’s name, emik, ethic, conclussion and displayed in descriptive narration.
RESULT: Study time management of fourth grade student of medical science
program in performance of PBL at tadulako university was good enough, that was
affected caused by the students was perform the PBL for a long time, so they was
well prepared to PBL. The students strategy in study time management before
perform PBL are done discussion with friends, seeking matery from previous day
of the PBL, focus on the expert lecture time. the reason of importance of study
time management in performance of PBL was student could studied in
comprehensive way about the case and could learn about ho to cooperate to solve
a problem, could though criticaly, could improve the collaborate betwen groups,
favorable in identified and solve a problem in discussion.
CONCLUSSION: The fourth grade medical students in tadulako university has a
good time management in problem based learning/tutorial but still have a few
things need to be enhanced in time management so the learning becomes effective
and efficient.
KEYWORDS: PBL, Time managemet, study
Ketersediaan
SKD2017427 | N 101 13 104 WEN m | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
N 101 13 104 WEN m
|
Penerbit | PSPD : Palu., 2017 |
Deskripsi Fisik |
xvi , 56 hlm ; 29 cm
|
Bahasa | |
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
xvi , 56 hlm ; 29 cm
|
Pernyataan Tanggungjawab |
MAUREN CHESARIA WENNO N 101 13 104
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain