No image available for this title

Skripsi Kedokteran

DAMPAK KUALITAS SKENARIO TUTORIAL (PBL) TERHADAP PENCAPAIAN LEARNING OBJECTIVE (LO) PADA BLOK 13 DI PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO TAHUN AJARAN 2016/2017



ABSTRACT
Background: Program based learning (PBL) is a new learning strategy that focuses on student learning or in other words, human-centered (student centered learning). Medical Studies Program Tadulako has imposed an education strategy Problem based learning (BBM) or PBL since the start of the academic year 2008/2009.
Methods: Qualitative research with descriptive models. The entire population of students and tutors in the implementation of a tutorial on block 13 206-2017 school year. The number of informants is 3 tutor as key informant and 18 students as a regular informant, obtained by purposive sampling.
Results: Quality scenario can be viewed from several things: the ability of the scenario itself stimulate students in achieving the learning objectives, the storyline is clear and familiar, able to increase student understanding, outlines the course material, and according to curriculum there.Whilst achievement of a goal learning can be affected by the quality of a scenario. Quality scenario has an important role in the activities of the tutorial.
Conclusion: Based on the research that has been conducted by researchers drew the conclusion that the quality of the screenplay has an important role in the activities of the tutorial.The impact of the quality of the screenplay to the achievement of learning objectives can be seen from the scenario capabilities usher students into the achievement of all learning objectives. The scenarios studied enough quality views of achievement of learning objectives related.
Keywords: PBL, Quality scenario, Learning Objectives
DAMPAK KUALITAS SKENARIO TUTORIAL (PBL) TERHADAP PENCAPAIAN LEARNING OBJECTIVE (LO) PADA BLOK 13 DI PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS TADULAKO TAHUN AJARAN 2016/2017
Danu A. P. Gerosi*, Indah P.Kiay Demak**, Firman Hasan***
*Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan,Universitas Tadulako.
**Departemen Laboratorium Keterampilan Klinik, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako
***Departemen Histologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Tadulako
ABSTRAK
Latar Belakang : Program based learning (PBL) adalah sebuah strategi pembelajaran terbaru yang menitikberatkan pembelajaran pada mahasiswa atau dengan kata lain berpusat pada manusia (student centered learning).Program Studi Kedokteran Universitas Tadulako telah memberlakukan strategi pendidikan Belajar Berdasarkan Masalah (BBM) atau PBL sejak mulainya tahun akademik 2008/2009.
Metode : Penelitian kualitatif dengan model deskriptif. Populasinya seluruh mahasiswa dan tutor dalam pelaksanaan tutorial pada blok 13 tahun ajaran 206-2017. Jumlah informan adalah 3 tutor sebagai informan kunti dan 18 mahasiswa sebagai informan biasa, diperoleh dengan cara purposive sampling.
Hasil : Skenario yang berkualitas dapat ditinjau dari beberapa hal yaitu kemampuan skenario itu sendiri menstimulus mahasiwa dalam mencapai tujuan pembelajaran, alur cerita jelas dan familiar, mampu menambah pemahaman mahasiswa, menggambarkan garis besar materi kuliah, dan sesuai dengan kurikulum yang ada.Sementara pencapaian suatu tujuan pembelajaran dapat dipengaruhi oleh kualitas suatu skenario. Kualitas skenario memiliki peranan penting dalam kegiatan tutorial.
Kesimpulan : Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti menarik kesimpulan bahwa kualitas skenario memiliki peranan penting dalam kegiatan tutorial.Dampak dari kualitas skenario terhadap pencapaian tujuan pembelajaran dapat dilihat dari kemampuan skenario mengantar mahasiswa kedalam pencapaian seluruh tujuan pembelajaran. Skenario yang diteliti sudah cukup berkualitas dilihat dari pencapaian tujuan pembelajaran terkait.
Kata Kunci : PBL, Kualitas Skenario, Tujuan Pembelajaran


Ketersediaan

SKD2017481N 101 12 134My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
N 101 12 134
Penerbit PSPD : Palu.,
Deskripsi Fisik
xvi , 47 hlm ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
xvi , 47 hlm ; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this