Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi Kedokteran
Analisa Perbedaan tingkat kepuasan pasien PUskesmas yang bersetifikasi ISO dengan Puskesmas tanpa sertifikasi ISO dikota Palu Sulawesi Tengah
ABSTRAK
ISO 9001:2000 merupakan indikator pelayanan kesehatan pada Sistem Manajemen Mutu untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas berdasarkan standar operasi prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan pada Puskesmas yang tersertifikasi ISO dan Puskesmas yang tidak tersertifikasi ISO. Penelitian ini dilakukan pada 2 Puskesmas yaitu Puskesmas Birobuli (ISO) dan Puskesmas Mabelopura (non-ISO) selama Bulan Juni sampai Agustus 2012. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan cross-sectional yang bersifat analitik. Subyek yang diteliti ialah pasien yang datang ke Puskesmas pada saat penelitian dengan jumlah 200 pasien. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah convinience sampling. Uji statistik menggunakan Uji Chi Square dengan menggunakan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan antara Puskesmas ISO (Puskesmas Birobuli) dengan Puskesmas non-ISO (Puskesmas Mabelopura) (p = 0,013, OR = 3,907, dan 95% CI = 1,239-12,323).
Kata Kunci : Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, ISO 9001:2000
Ketersediaan
SKD1300002 | 362.1 FUR a | My Library | Tersedia |
SKD1300033 | 362.1 FUR a | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
362.1 FUR a
|
Penerbit | : Palu., 2012 |
Deskripsi Fisik |
xiv,49hlm;29cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
362.1
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
xiv,49hlm;29cm
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Furqan
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain